Menangkap dan Menyebarkan Sinyal Wi-Fi dengan Tenda Wirelles Router - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menangkap dan Menyebarkan Sinyal Wi-Fi dengan Tenda Wirelles Router

Hai sobat jufrika blog, kali ini jufrika akan mengshare untuk sobat yang dirumahnya tidak memiliki wifi selain wifi tetangga, namun wifi tetangga sobat ingin sobat sebarkan kembali ke dalam ruangan kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, pokoknya rumah antau kontrakan sobat. Tentunya trik ini bukan trik buat nyolong koneksi orang ya sob, cuma menyebarkan alias menguatkan kembali sinyal tersebut dalam SSID lain.

Untuk menangkap dan menyebarkan kembali wifi yang tertangkap secara indoor itu sangat gampang dengan menggunakan metode WISP. Apa itu metode WISP?

WISP (Wireless Internet Service Provider) adalah penyedia layanan Internet yang memungkinkan pengguna untuk terhubung Internet Service Provider melalui koneksi Wireless/WiFi.

sedangkan mode WISP sendiri adalah mode pada router yang memungkinkan router untuk Menerima singnal WiFi sekaligus memancarkan kembali melalui signal WiFi. 

perbedaannya dengan metode repeater adalah repeater menyebarkan dengan SSID asli dengan setup dynamic ip yang harus sama dengan SSID yang di repeat.

Untuk menangkap dan menyebarkan Sinyal Wi-Fi disini jufrika blog akan menggunakan Tenda N301. 



Dimana Tenda N301 merupakan router kecil yang bisa di setting dalam beberapa mode, seperti Akses Point (Pemancar), Repeater (Penguat Signal) dan juga WISP (Wireless Internet Service Provider). Pada Mode WISP artinya Tenda N301 menangkap signal dari pusat internet (Wi-Fi) kemudian menyebarkannya kembali dengan nama SSID (Nama Wi-Fi) yang berbeda.

Cara menggunakan Metode WISP di Tenda Wirelles Router Tenda N301 Cukup mudah, berikut step per step yang bisa sobat coba perlahan :

1. Hidupkan Router dengan memberikan power.
2. Masuk ke Wi-Fi tenda default.
3. Ketik IP Default Tenda N301 yang terdapat dibawah router (192.168.0.1) pada Address Bar browser sobat, hingga muncul welcome page yang mengharuskan sobat membuat Wi-Fi baru.
4. Pilih Dynamic IP, isi Nama Wi-Fi dan Password Baru. Kemudian Klik OK, tunggu hingga disconect.
5. Masuk kembali ke Wi-Fi baru yang sobat buat tersebut.
6. Kemudian ikuti step berikut :
   1) Klik Tab Wireless Repeating
   2) Pilih WISP
   3) Pilih Jaringan Wi-Fi yang ingin ditembak
   4) Jika Wi-Fi menggunakan Password silakan diisi, jika tanpa Password langsung klik saja OK.
7. Tunggu hingga reboot, dan coba koneksikan kembali.

8. Masuk kembali ke 192.168.0.1
9. Pilih tab Wirelles setting pastikan wifi ON
10. Jika sobat ingin membuat SSID baru isi Wifi Name dan password sesuka hati sobat.

Sekian sob, semoga tutorial singkat kali ini bermanfaat.





close