Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UBEC vs IC Regulator Mana Lebih Stabil?

UBEC (Ultimate Battery Elimination Circuit) merupakan DC to DC step-down voltage regulator, sedangkan IC linear regulator merupakan IC yang dirancang untuk mempertahankan level tegangan konstan secara otomatis, contoh IC Regulator Seri 78xx dan 79xx adalah untuk membatasi besarnya voltase dengan nilai xx, sehingga stabil pada voltase tertentu.


1. Perbedaan Rangkaian
secara garis besar untuk mengetahui perbedaan dari UBEC dan IC Regulator bisa kita lihat dari rangkaian perangkai nya :
 
Rangkaian IC Regulator

schematic 78xx voltage regulator


Rangkaian UBEC (DC to DC Step-down)
schematic lm2596 dc to dc buck converter


2. Perbedaan Penggunaan / Pengaplikasian

UBEC dari kata Ultimate Battery Elimination Circuit biasa digunakan untuk mengeleminasi tegangan yang berasal dari sebuah battery, biasa nya seperti penggunaan Remote Control CAR, drone dan lain sebagainya dimana battery yang digunakan memiliki sumber daya lebih besar xx VDC dari pada rangkaian control yang ada pada Remote Control CAR atau drone itu sendiri namun membutuhkan Arus yang besar untuk dapat bertahan lama.

IC Regulator biasa digunakan untuk kasus industri PCB yang membutuhkan catu daya fix, misal 5V 8V 12V maka dibutuhkan tegangan linear dan  IC regulator umumnya memiliki output arus lebih kecil daripada UBEC yang mampu mengualkan daya 90% lebih, namun secara dimensi IC Regulator lebih cocok dalam PCB karena membuthkan rangkaian dan komponen pembantu lebih sedikit.

3. Perbedaan Efisiensi daya

Dengan regulator linier, misal input 12 vdc out 5 v akan mengasilkan daya 35 W, akan dikonversi menjadi panas dan karenanya memerlukan pendingin yang besar. secara perhitungan efisiensi adalah efisiensi (5 V / 12 V) = 41,7%. Namun, regulator mode switching dengan pasokan step-down buck yang digunakan pada UBEC dapat mencapai efisiensi lebih dari 90%. untuk lebih mempelajari efisiensi sobat bisa membaca di https://www.researchgate.net/publication/279482289_Catu_Daya_Tegangan_DC_Variabel_dengan_Dua_Tahap_Regulasi_Switching_dan_Linier



to close