Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Xiaomi All Model Nyangkut Stuck di Fastboot Full Step+Gambar

Smartphone xiaomi tidak mau masuk ke mode normal dan nyangkut di mode fastboot memang membuat sebagai user xiaomi kesal, terlebih-lebih sobat pengguna xiaomi baru tentu akan membuat sobat cemas.
Namun sebenarnya untuk mengatasinya sangat mudah, tergantung kerusakannya apakah mudah, easy atau hard. Nah saya akan mulai dari step yang mudah alias kerusakan easy hingga ke level yang hard.


1. kerusakan Mudah (Easy Level)

Pada dasarnya untuk masuk ke mode fastboot perlu menekan tombol power dan volume down secara bersamaan, namun untuk Beberapa varian Redmi juga bisa masuk ke fastboot, yaitu dengan menekan tombol Power + Volume Up, nah kemungkinan awal sobat tanpa sengaja menekan tombol tersebut hingga masuk ke mode fastboot.





Untuk kasus seperti ini untuk keluar dari mode fastboot sangat mudah, sobat cukup menekan dan tahan tombol power hingga xiaomi sobat bergetar dan menampilkan logo mi dan biarkan kembali normal.

2. Kerusakan Sedang (Medium)

Jika ternyata step pertama tidak behasil maka kemungkinan kedua adalah perangkat xiaomi sobat nyangkut di firmware.

maka kemungkinan kedua untuk kerusakan firmware sobat harus mereset perangkat xiaomi sobatsobat d menggunakan PC/ Laptop.

Bagaimana caranya?

Persiapan yang harus ada sebelum sobat merestart hp melalui Pc :
  • Kabel USB yang cocok dengan hp sobat (pastikan juga kualitas nya baik).
  • Pc/Laptop dengan Sistem Operasi Windows 7 keatas.
  • dan yang paling penting sebelumnya sudah mengakifkan USB Debugging Mode, jika tidak maka cara kedua ini tidak bisa sobat lakukan.
Baca : cara menjadi mode Developer dan mengaktifkan USB Debugging Xiaomi.

Jika persiapan semua sudah lengkap maka yang selanjutnya perlu sobat lakukan adalah step sebagai berikut :

Download aplikasi command dibawah ini :

15 Second ADB Installer

Lakukan installasi seperti biasa

Setelah itu ikuti langkah berikut :

Untuk Pengguna Windows 7:

1. Hubungkan Usb ke laptop/pc
2. Buka local disk C dan buka folder ADB
3. Tekan tombol shift+klik kanan pada bagian space yang kosong
4. Kemudian klik open command window here




5.setelah muncul command promt cmd , kemudian coba check terlebih dahulu apakah device sobat terbaca dengan mengetik perintah :
adb devices
Jika muncul beberapa huruf acak , maka koneksi sudah dapat dikatakan baik, lalu sobat perlu mengetikan kembali command untuk merestart device sobat :
fastboot reboot
Untuk Pengguna windows 8/8.1/10 keatas :

Untuk windows 8/10 hak akses administrator untuk melakukan command sedikit dibatasi, maka itu sobat perlu langsung menggunakan software yang berbeda:

Download bahan

Minimal ADB and Fastboot  >>Downloads<<

Cara Install :

1. Ekstrak file yang sudah sobat download tadi kemudian jalankan minimal_adb_fastboot_v1.3.1_setup.exe dengan cara klik kanan » Run as administrator

Install hingga finish

Namun jika kamu menggunakan Minimal adb fastboot maka kamu juga harus menginstall Android USB Driver supaya ponsel bisa terdeteksi pada pc :

Download ADB Driver Installer

Setelah selesai lakukan command dan perintah seperti langkah di windows 7, yaitu

1. Cek koneksi dengan perintah
adb devices

2. Restart device dengan perintah
fastboot reboot 

Jika tidak bisa maka sobat perlu melihat langkah ketiga

3. Kerusakan Tingkat Sulit (Hard Level)

Untuk langkah ketiga sobat harus pandai dan berani untuk membongkar smartphone sobat, jika tidak berani segera berikan ke tukang service center atau service terdekat.

Karena jika cara pertama dan kedua tidak bisa kemungkinan besar tombol volume atau power sobat nyangkut dan tidak bisa kembali lagi atau dapat disimpulkan rusak dan harus diganti.

Jika sobat berani maka ikuti langkah berikut , saya contohkan membongkar redmi 3s, dan mengganti Flexible volume dan power button.


1. Buka dahulu cover belakang xiaomi sobat, untuk redmi 3s sobat perlu membukanya dari bawah secara perlahan dan gunakan pencongkel yang terbuat dari plastik agar tidak merusak cover, misal pick guitar seperti ini :



2. Setelah terbuka buka connector flexible fingerprint jika hp sobat memiliki fingerprint, hal ini dilakukan agar flexible fingerprint sobat tidak rusak, dan memudahkan sobat untuk membongkarnya.




3. Buka semua baut yang melindungi koneksi flexible volume dan power, serta melindungi connector baterai ke main PCB.



4. Setelah semua terbuka, terlebih dahulu lepas connector baterai sebagai alasan safety, jika terjadi short.

5. Lalu buka pelindung konektor flexible volume dan power tarik conector secara perlahan.

6. Ganti konektor flexible volume dan power dengan yang baru dan pasang kembali ke conector secara perlahan.



7. Pasang kembali conector baterai dan pastikan koneksi aman.

8. Coba hidupkan smartphone sobat dengan menekan tombol power selama beberapa detik.

9. Jika berhasil maka sobat akan dibawa ke homescreen MIUI, test volume up dan down jika berhasil selamat akirnya masalah sobat terpecahkan.

10. Pasang kembali connector flexible fingerprint dan tutup kembali cover smarpsmart sobat secara perlahan, jika perlu berikan lem perekat agar tidak mudah terbuka.

Sekian tutorial cara mengatasi smartphone xiaomi nyangkut di mode fastboot, semoga tutorial diatas bermanfaat, dan jangan lupa sopport blog ini dengan membantu klik iklan yang ada di blog ini, terimakasih sob!

to close