Cara Menulis Sumber Kutipan dan Daftar Pustaka Standard Mudah dan Benar - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Sumber Kutipan dan Daftar Pustaka Standard Mudah dan Benar

Salah satu kriteria tulisan yang baik adalah kesesuaian penulisan pengutipan dan daftar pustaka dengan standar-standar penulisan yang ditentukan. Dalam dunia penulisan terdapat banyak standar penulisan dan berlaku diseluruh dunia seperti standard IEEE, APA, Chicago AD, ACS, APA, AMA, ASA, APA, CSE, Harvard, dan lain-lain. Dari sekian banyak standar yang ada, standar penulisan kutipan dan daftar pustaka yang akan diulas pada artikel ini adalah standar IEEE.

Berikut penjelasan dan contoh standar penulisan kutipan dan daftar pustaka menurut standar IEEE, yang cukup popular dikalangan polteknik dan biasa digunakan dalam penulisan buku Tugas Akhir atau Final Report.

I.  Tata penulisan kutipan
Berdasarkan standar IEEE, kutipan (Citation) yang ditulis dalam suatu tulisan atau text harus diberi nomor. Nomor yang diberikan sesuai dengan urutan dalam text dan bersesuaian dengan nomor pada referensi yang digunakan dan ditulis diakhir dokumen yang publikasikan. Standar penulisan kutipan pada IEEE dapat dijelaskan dengan singkat sebagai berikut:
  • Apabila sumber telah dikutip sebelumnya, nomor yang digunakan sama dengan nomor yang telah digunakan sebelumnya dan bersesuaian dengan nomor daftar pustaka.
  • Setiap nomor pada kutipan harus diberi tanda kurung kotak ( [..] ) sejajar dengan text, sebelum tanda kutip, dan spasi sebelum penggunaan tanda kurung kotak.
Contohnya
“…. Sesuai dengan data yang diambil pada akhir penelitian [13].”
“… teori yang dipublikasikan pada tahun 1999 [1].”
“… scohltz [2] berpendapat …”
“ …Beberapa penelitian sebelumnya [3, 4, 5,16] telah menyarankan  …”
“ … untuk contoh, lihat [7].”
  • Tidak perlu mencantumkan baik pengarang atau tanggal dari referensi kecuali relevan dengan text yang digunakan. Sebaiknya ditulis cukup seperti berikut  “dalam referensi [26] … “, “dalam [26] …”
  • Apabila kutipan akan mengutip baigan atau seksi dalam suatu buku, berikan nomor halaman, persamaan, gambar, dapat dituliskan seperti berikut
… seperti yang telah diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya [3, Th. 1]; [3, Lemma 2]; [3, pp. 5-10]; [3, eq. (2)]; [3, Fig. 1]; [3, Appendix I]; [3, Sec. 4.5]; [3, Ch. 2, pp. 5-10]; [3, Algorithm 5].
Pada saat akan mengutip lebih dari satu sumber pada suatu keterangn, metode yang digunakan adalah menuliskan nomor-nomor sesuai referensi, dan dipisahkan oleh koma atau garis antara referensi contoh :
  • [1], [3], [5] – untuk 3 referensi berbeda
  • [1] – [5] – untuk rentang refensi
Atau dapat juga dituliskan seperti berikut
  • [1, 3, 5] – for 3 separate references
  • [1-5] – for a range of references
II.  Penulisan Dalam Referensi
II.1 buku
Format standard :
 [#] A. A. Pengarang/editor, Judul: Subjudul (dalam italics), Edisi (apabila bukan yang pertama), Vol.(bila multivolume). Tempat publikasi: Penerbit, Tahun, noHalaman(s) (jika ada)
Contoh tata penulisan buku ditentukan berdasarkan jenis buku yang dijadikan untuk penulisan adalah sebagai berikut :
a. Pengarang  tunggal :
W.-K. Chen, Linear Networks and Systems. Belmont, CA: Wadsworth, 1993, pp. 123-135.
b. Hasil Editor :
D. Sarunyagate, Ed., Lasers. New York: McGraw-Hill, 1996.
c. Dua pengarang :
T. Jordan and P. A. Taylor, Hacktivism and Cyberwars: Rebels with a cause? London: Routledge, 2004.
d. Lebih dari dua pengarang
R. Hayes, G. Pisano, and S. Wheelwright, Operations, Strategy, and Technology: Pursuing the competitive edge. Hoboken, NJ : Wiley, 2005.
Apabila seluruh pengarang kurang atau sama dengan tiga pengarang maka nama pengarang ditulis seluruhnya, sedangkan apabila lebih dari tiga pengarang digunakan et.al. setelah nama pengarang pertama. Contoh :
M. Bell, et al., Universities Online: A survey of online education and services in Australia, Occasional Paper Series 02-A. Canberra: Department of Education, Science and Training, 2002.
e. Pengarang adalah perusahaan
World Bank, Information and Communication Technologies: A World Bank group strategy. Washington, DC : World Bank, 2002.
f. Publikasi pemerintah
Australia. Attorney-Generals Department. Digital Agenda Review, 4 vols. Canberra: Attorney- General’s Department, 2003.
g. Manual
Bell Telephone Laboratories Technical Staff, Transmission System for Communications, Bell Telephone Laboratories, 1995.
h. Standar internasional
ANSI T1.602-1989, Telecommunications-Integrated Services Digital Network (ISDN)-Data-Link LayerSignaling Specification for Application at the User-Network Interface. RIT Libraries
i. Raporan teknis
K. E. Elliott and C.M. Greene, “A local adaptive protocol,” Argonne National Laboratory, Argonne, France, Tech. Rep. 916-1010-BB, 1997.
j. Paten / Standar
K. Kimura and A. Lipeles, “Fuzzy controller component, ” U. S. Patent 14,860,040, December 14, 1996.
k. Tesis atau desertasi
H. Zhang, “Delay-insensitive networks,” M.S. thesis, University of Waterloo, Waterloo, ON, Canada, 1997.
l. Bagian dari buku
Kutipan bab atau bagian editor diambil dari buku terdiri dari beberapa individual judul dan pengarang, tetapi dikelompokan  menjadi satu buku oleh editor. Aturan dasar daftar pustaka adalah :
  • Apabila editor editor yang juga pengarah diseluruh bagian bab, maka harus dikutip sebagai dikutip dalam referensi dalam format buku.
  • Judul buku diketik menggunakan huruf besar di setiap awal katanya
Format Standar :
 [#] A. A. pengarang bagian, “Judul bab or bagian,” in Judul: Subtitle, Edition, Vol., A. Editor Ed. Tempat publikasi: Pempublikasi, Tahun, pp. nomorhalaman.
 Satu bab dari sebuah karya editor
A. Rezi and M. Allam, “Techniques in array processing by means of transformations, ” in Control and Dynamic Systems, Vol. 69, Multidemsional Systems, C. T. Leondes, Ed. San Diego: Academic Press, 1995, pp. 133-180.
II.b.  Jurnal
Tata penulisan kutipan jurnal sama dengan buku tapi yang berbeda adalah tata penulisan dalam daftar pustaka daftar pustaka. Aturan penulisan daftar pustaka untuk jurnal adalah sebagai berikut :
  • Setiap kata dalam kata judul artikel ditulis dalam huruf capital kecuali kata sambung atau akronim
  • Setiap kata yang sangat penting dalam judul harus dalam kapital.
  • Hurup v dalam volume jurnal tidak diketik dalam huruf kapital.
  • untuk menuliskan rentang halaman digunakan  pp. hal1 – hal2.
  • untuk mengacu hanya satu halaman saja gunakan aturan p. hal.
Standard format :
[#] A. A. Author of article. “Title of article,” Title of Journal, vol. #, no. #, pp. page number/s, Month year.
berikut adalah contoh penulisan referensi jurnal :
R.R. Yager, “Multiple objective decision-making using fuzzy sets,” International Journal of Man-Machine Studies, vol. 9, no. 4, pp.375-382, Jul. 1977.
II.c. Artikel dari proceeding (seminar, workshop)
Secara umum bentuk kutipan proceeding, secara umum  di tulis penulis dan judul dari tulisan diikuti oleh nama (dan lokasi apabila diketahui) dari konfrensi dalam bentuk italics dan singkatan yang terstandar. Contoh :
menurut hasil penelitian yang dikemukakan oleh Faulhaber, dalam Proceedings of the 1996 Robotics and Automation Conference becomes Proc. 1996 Robotics and Automation Conf.
contoh penulisan artikel preceeding dalam daftar pustaka :
[1] M. Mayer, presented at the 4th Congr. Permanent Magnets, Grenoble, France, Mar. 1995.
[2] J. G. Kreifeldt, “An analysis of surface-detected EMG as an amplitude-modulated noise,” presented at the 1989 Int. Conf. Medicine and Biological Engineering, Chicago, IL.
[3] G. W. Juette and L. E. Zeffanella, “Radio noise currents on short sections on bundle conductors,” presented at the IEEE Summer Power Meeting, Dallas, TX, June 22-27, 1990, Paper 90 SM 690-0 PWRS.
[4] J. Arrillaga and B. Giessner, “Limitation of short-circuit levels by means of HVDC links,” presented at the IEEE Summer Power Meeting, Los Angeles, CA, July 12–17, 1990, Paper 70 CP 637.
[5] K.-L. Wu, C.C. Aggarwal, and P.S. Yu, “Personalization with dynamic profiler,” in Proceedings third international workshop on advanced issues of e-commerce and webbased information systems, 2001, pp. 12-20.
II.d Dokumen Elektronik (Internet)
Pada saat mengutip sumber elektronik digunakan cara yang sama dengan publikasi cetak, namun dalam penulisan daftar pustaka menurut standar IEEE aturan yang harus dipenuhi adalah :
  • Apabila halaman pertama ditampilkan, tanda plus ditambahkan setelah nomor halaman, contoh  26+
  • Apabila nomor halaman tidak ada, gunakan paragraf atau nomor seksi, apabila akan menspesifikan bagian yang akan ditampilkan .
  • Informasi akses hanya url dari sumber
  • Tanggal publikasi/revisi, tanggal akses dimasukan karena kemungkinan perubahan isi saat dikutip.
 Berikut adalah contoh format penulisan dokumen elektronik dalam referensi :
Webpage
J. Nielsen, “Ten Usability Heuristics,” 1994, Available: http://www.useit.com/papers/heuristic/heuristic_list.html.
Dokumen dalam website
Microsoft Corporation, “Site management cycle,” 2003, Available: http://msdn.microsoft.com/library/en-us/comsrv2k/htm/cs_gs_concepts_ntqq.asp.
Tulisan berita atau majalah elektronik
C. Sherman, “Teoma vs. Google, round two,” April 2, 2002, Available: http://searchenginewatch.com/searchday/02/sd0402-teoma.html.
 E-Books
T. Eckes, The Developmental Social Psychology of Gender. Mahwah NJ: Lawrence Erlbaum, 2000. [E-book] Available: netLibrary e-book.
E-Jurnal
A. Holub, “Is software engineering an oxymoron?” Software Development Times, p. 28+, March 2005. [Online]. Available: ProQuest, http://il.proquest.com. [Accessed May 23, 2005].
Artikel dari internet
C. Wilson-Clark, “Computers ranked as key literacy,” The West Australian, para. 3, March 29, 2004. [Online]. Available: http://www.thewest.com.au. [Accessed Sept. 18, 2004].
E-Mail S. H. Gold. (1995, Oct. 10). Inter-Network Talk [Online]. Available e-mail: COMSERVE@RPIECS Message: Get NETWORK TALK
Demikian penjelasan singkat mengenai standar IEEE untuk penulisan kutipan dan daftar pustaka.
close