Tips Membeli Earphone atau Headphone Berkualitas Bagus - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Earphone atau Headphone Berkualitas Bagus

Perkembangan pengguna smartphone yang setiap tahun terus melonjak dan harga yang bervariasi , maka perangkat aksesoris pendukung seperti earphone dan headset juga ikutan naik. 

Karna tentunya pengguna smartphone gak dikit juga yang suka mendengarkan musik ataupun menonton video di dalam smartphone kesayangan mereka.

DJ skrillex nextdaily.com

Biasanya paket penjualan smartphone ada yang menyertakan earphone standar bawaan, yang tentu kualitasnya juga standar. Bagaimana jika ingin memperbaiki kualitas bawaan earphone dan headset tersebut?

Tentunya sobat harus membeli earphone yang baru yang sesuai dengan keinginan sobat.  Apalagi jika sobat adalah penggemar musik, tentunya menjadi perhatian yang penting untuk memilih earphone yang berkualitas dan bersuara jernih.

Atau penggemar video streaming seperti biskop, maka headset/ earphone bersuara jernih dan besar adalah pilihan/

Berikut tips yang jufrika blog tawarkan agar sobat tidak salah memilih earphone dan headset :

Ketahui Jenis Earphone/ Headphone

Pertama kita bahas tentang earphone. Berdasarkan bentuknya earphone ada dua perbedaan jenis dari earphone :

Bentuk earbud vs IEM

Earbud
Earphone ini memiliki bentuk yang standar. Biasanya dipaketkan dalam penjualan seperti handphone maupun tablet.

IEM (in-ear monitor)
Jenis earphone ini ukurannya dapat masuk ke dalam telinga, dilapisi karet untuk memberikan kenyamanan telinga dan mengurangi gangguan suara lain atau noise di luar. Sehingga, isolation sound sangat baik.

Lalu bagaimana dengan headphone? Secara umum ada dua jenis pula yaitu :

On Ear

on ear headphone

Headphone On-ear adalah headphone yang paling umum dan everlasting dari sisi gaya. Headphone ini tidak memiliki  yang masuk lubang telinga, melainkan berupa bantalan yang menempel sekedarnya di daun telinga, sehingga terasa lebih nyaman dan tidak panas. Namun tipe ini memiliki kelemahan utama yaitu pengguna on ear akan terganggu dengan kebisingan sekitarnya. Karena sifatnya yang tidak mencorong ke dalam lubang telinga.

Over the Ear

source : tokyogirlsupdate.com
 Berbeda dengan on ear, headphone over ear memiliki keunggulan yang dimiliki kekurangan on ear. Dimana ukuran bantalan lebih besar dari pada telingga sehingga menutupi telingga secara sempurna. Tapi hati hati menggunakannya jangan di jalan raya sob!

Sesuaikan Budget dan Merek

Setelah mengetahui jenis earphone yang menurut sobat oke. Selanjutnya adalah mencari merek dan atur keuangan sobat. Umumnya semakin mahal earphone semakin baik pula kualitasnya, seperti merek Beats Audio dan Sennheiser pastinya produk tersebut terkenal dengan kualitas tinggi.

Sony Extra Bass IEM
Namun jika budget sobat kurang dan ingin memiliki kualitas sedang mungkin mencari earphone dengan harga 100 hingga 150 ribuan adalah yang baik. Ada kok merk sony yang harga segituan atau keluaran dari brand xiaomi piston, pokoknya sobat harus cari merk tersebut ya.


Perhatikan Spesifikasi Earphone
Frekuensi Earphone

Earphone yang bagus memiliki spesifikasi pertama yaitu rentang frekuensi yang besar, semakin lebar rentang frekuensinya semakin berkualitas. Kita ambil contoh earphone dengan frekuensi 5 Hz – 30,000 Hz. Angka yang kecil 5 hz merupakan suara bass, sedangkan angka (30,000 Hz) adalah suara treble. Jika frekuensi ujungnya semakin tinggi, semakin lengkap pula kualitas audionya.

Impedansi

Impedansi adalah ukuran penolakan terhadap arus bolak-balik.  Yang artinya menunjukan total resitensi atau hambatan arus yang di butuhkan di earphone. Tinggi rendahnya impedence dapat disesuaikan dengan selera kita. Impedence rendah berkisar antara 15 ohms sampai 150 ohms. Sedangkan impedence tinggi memiliki ukuran yang lebih dari 150 ohms.

Sensivitas
Sensivitas sound adalah angka yang menunjukan seberapa keras suara yang bisa dihasilkan oleh speaker di earphone. Contoh nilainya adalah :96 dB/mW artinya ada 96 desibel tiap miliwatt yang lewat sambungan kabel dan keluar di telinga sobat.  Semakin tinggi angkanya semakin keras suaranya, sehingga tidak perlu meperbesar suara smartphone kita.

Kabel vs Wirelles

Kini penggunaan kabel dan tanpa kabel menjadi spesifikasi yang di perhitungkan karna akan berpengaruh pada tingkat praktis dan kenyamanan penggunaan earphone/ headset itu sendiri. Daya tahan dari headphone kabel tentu gak bisa diragukan lagi. Selagi sobat bisa menjaga earphone pada bagian kabel, dijamin umur earphone sobat bisa bertahan lama. Bagian sensitif yang perlu sobat perhatikan adalah di sekitaran colokan jack.

Sementara itu, headphone wireless sangat dipengaruhi oleh daya tahan baterai. Sobat harus perhatikan kapasitas baterai dan daya tahan dari headphone kamu. Umumnya, headphone wireless cuma punya daya tahan 6 hingga 8 jam saja.


close