Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Wajib Sebelum Membeli Smartphone Baru, Jangan tergiur Spek Besar!

Dizaman saat ini smartphone bersistem Operasi Android sudah banyak bahkan sudah terlalu banyak dipasaran. Didukung oleh vendor mobile phone berbagai jenis seperti SONY, SAMSUNG, XIAOMI, OPPO, HTC bahkan banyak buatan Indonesia seperti andromax, himac.
Dari harga hemat hingga yang cukup menguras kantong semua ada. Ditambah fitur fitur yang mengairahkan yang ditawarkan oleh berbagai vendor smarphone tentu saja membuat sobat bingung memilih smartphone Android yang sesuai denganmu bukan?

Smartphone Buying Guide


Hati Hati! .. Bila sobat asal membeli smartphone tanpa memperhatikan kualitas dan harga ponsel tersebut, bisa jadi sobat akan menyesalinya kemudian hari karena smartphone yang sobat pilih tidak sesuai dengan harapan, terlebih jika smartphone tersebut dibandrol dengan harga murah namun spesifikasi tinggi, jangan sampai terkecoh, berikut tips dari jufrika blog bagi sobat yang ingin membeli Smartphone baru.


Pilihlah Sesuai Kebutuhan yang PALING DIBUTUHKAN


selfie cekrek!

Tips pertama dan terbaik adalah memilih smartphone sesuai kebutuhan. Karena pada dasarnya setiap brand smartphone android memiliki fitur dan kelebihan masing masing.

Sebagai contoh, jika tujuan utama sobat membeli ponsel untuk tujuan berfoto ria atau fotografi, maka pilihan brand smartphone SONY adalah pilihan yang sangat tepat ditambah kekuatannya mampu memotret gambar bawah air yang belum ada pesaingnya,disusul SAMSUNG dan OPPO untuk penggunaan selfie dan hal lainnya.

Namun jika tujuan sobat membeli smartphone adalah untuk bermain game, maka vendor XIAOMI adalah pilihan tepat karna baterai samrtphone xiaomi cukup awet sehingga sangat nyaman bila digunakan untuk bermain game berlama lama.


Jangan Pernah Tergiur RAM BESAR!
 
Kebanyakan orang berpikir bahwa performa android yang utama dipengaruhi oleh RAM, dimana semakin besar RAM semakin ngaceng pula performanya. HAL itu dapat dikatakan benar untuk penggunaan banyak aplikasi dalam satu waktu/multitasking seperti kegiatan chat sambil browsingan.

Namun hanya mengandalkan RAM saja tidak berlaku bagi gamers smartphone android, banyak ponsel android yang berspesifikasi gahar tidak mampu menjalankan beberapa game High Defenition (HD Game) atau bisa dibilang LAG. Mengapa bias terjadi?

Semua itu terjadi karena untuk bermain game, RAM bukanlah komponen yang paling utama, yang paling utama adalah GPU (Grapic Process Unit). GPU yang memproses grafis pada smartphone, tidak semua seri GPU tidak suport semua game, ada beberapa seri GPU tidak bisa sama sekali menjalankan game tertentu, misalnya GPU Adreno seri 30x tidak bisa menjalankan game GTA pada android. Juga prosessor yang digunakan misal saja baru baru ini lagi booming game pokemon GO, semua vendor dengan prosessor selain intel mampu menjalankan game ini, contoh saja ASUS yang menggunakan intel.

Ukuran Layar yang Sesuai, ingin BIG, MEDIUM, atau LOW?



Ukuran layar pada smartphone adalah salah satu faktor terpenting dalam kenyamanan menggunakan smartphone. Ukuran layar yang besar lebih nyaman untuk digunakan menonton film dan bermain game via smartphone. Tapi tentunya keluhan utama pengguna smartphone berlayar besar adalah kurang praktis dibawa kemana mana, terlebih susah untuk ditaruh pada saku, namun juga membuat penggunanya tidak lupa dimana meltakan smartphonenya sehingga tidak mudah hilang. Begitu sebaliknya dengan ukuran layar lainnya.

Pilih Konektivitas Tercepat




Konektivitas merupakan faktor penunjang kenyaman bagi pengguna smartphone, memilih smartphone yang memiliki konektivitas cepat tentu bisa membuat baterai tidak cepat panas juga nyaman ketika digunakan untuk berinternet ria. Di Indonesia, konektivitas jaringan operator seluler sudah pada 4G, disamping mempunyai kecepatan akses yang jauh lebih tinggi, harga paket 4G pun juga cukup murah dibanding 3G untuk saat ini.


Pilih Processor yang Handal

Jangan sembarangan dalam memilih tipe processor, yang perlu diperhatikan adalah pilihlah processor yang mempunyai clock speed tinggi (minimal diatas 1Ghz) dan pilihlah processor yang mempunyai core (inti processor) yang banyak. Karena semakin banyak core pada sebuah processor semakin handal pula kinerjanya, terutama dalam hal yang sudah disebutkan di poin kedua. Juga jangan memilih tipe processor yang cepat panas, karna Tentu ketika smartphone panas akan banyak efek samping yang timbul.

Harga yang Wajar dan Terjangkau

 

Terakir adalah tips yang terpenting untuk diperhatikan saat membeli smartphone, maupun barang lainnya adalah harga yang terjangkau, jangan sampai sobat membeli sebuah smartphone android dengan harga yang tidak wajar (terlalu mahal dari harga pasaran) dan selalu pastikan harga smartphone android yang akan sobat beli pas dengan kondisi keuangan.
to close