Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi untuk Mengatasi Android Kamu yang Sering Bootloop (Restart Sendiri)

Pernah mengalami smartphone android tiba tiba merestart sendiri? Jika pernah berarti itu adalah indikasi bahwa smartphone kamu mengalami bootloop. Jika dibiarkan secara terus menerus tanpa adanya perbaikan maka yang ada smartphone kesayangan akan cepat rusak dan mengalami kerusakan lainnya.
Ada 3 kategori utama dalam permasalahan smartphone bootloop, yaitu easy, medium dan hard.

Easy Bootloop Fix

Untuk mengetahhui masih pada level easy, Jika mengalami smarphone restart lalu nyangkut di logo, cara memperbaikinya hanya cukup melepas baterai dan hidupkan kembali kemudian sudah bisa booting secara normal.

Untuk mengatasi hal serupa muncul maka bersihkan cache yang menumpuk dan gunakan aplikasi yang ringan di Android sobat, dan jika perlu reset ke pengaturan pabrik.

BACA : INI APLIKASI ANDROID RINGAN UNTUK RAM KECIL

Medium Bootloop Fix

Masalah bootloop android dalam tingkat medium biasa terjadi akibat dari aktivitas user android yang sering mencoba mengotak-atik fitur-fitur android dan masuk ke system recovery.

System recovery merupakan bagian terpenting dari sebuah ponsel android, biasanya dari system recovery tersebut kita bisa menjadi super user dengan mengeroot android.

Jadi memang keadaan sistem tersebut sangat dilindungi sehingga apabila pengguna mencoba mengotak-atik dan terjadi kesalahan maka bisa berakibat bootloop, Maka daripada itu walaupun android bersifat open source, namun sebaiknya jangan di root jika sobat tidak mau terjadi hal buruk.

Cara mengatasinya medium bootloop ini adalah :
 
Membackup data recovery image dan file recovery CWM aslinya dan memerlukan sebuah Laptop atau PC sebagai medianya. Akan tetapi cara ini bisa berhasil apabila kita sudah pernah mem-backup data ROM pada hp tersebut.

Untuk infromasi bagaimana membackup data ROM sobat bisa mencari di google dengan memasukan keyword : backup data ROM + jenis dan type ponsel yang sobat miliki.

Android Hard Bootloop

Penyebab Android hard bootloop biasa akibat dari aktivitas user android yang mencoba mengganti Stock ROM bawaan dengan stock ROM yang berbeda, atau melakukan upgrade OS Android ke versi yang tidak di suport vendor ponsel tersebut, misal vendor mengatakan bahwa ponsel merek a tidak lagi bisa upgrade ke marsh mallow namun tetap dipaksakan.

Cara mengatasi Hard Bootloop :
Diperlukan penggunaan laptop/PC untuk melakukan Flasing ROM (firmware). Akan tetapi cara menginstal masing-masing OS android berbeda-beda tergantung merek dan tipe ponsel itu sendiri.

Sekian dari jufrikablog untuk detailnya silahkan sobat searching lagi ya atau mau ada yang request silahkan sob!
to close