Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen (BSODC)


blue screen on old windows

Blue screen pada laptop disebabkan adanya bentrokan pada drive yang menyebabkan operating system menjadi error.  Penyebab kerusakan lain adalah penggunaan file DLL yang kurang sesuai dengan system, hardware yang usang atau registrasi windows memori. Saat layar laptop blue screen, Berikut Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen:

  1. Pertama, bila layar tidak bisa masuk karena blue screen, tekan tombol f8 hingga lama. Apabila kamu meggunakan windows 8 /8.1 ,maka aktifkan dahulu tombol f8 kamu caranya bisa sobat cari di blog ini dengan judul F8.

  2. Tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan booting di jendela baru dan pilih safe mode agar bisa masuk ke system windows. Tunggu beberapa saat hingga muncul layar windows.

  3. Selanjutnya klik start pada sisi kiri laptop sobat. Pilih icon control panel. Dalam control panel tersebut pilih system dan security, kemudian klik action center, selanjutnya klik recovery dan terakhir klik tulisan open system restore.

  4. Jendela akan menampilkan beberapa arahan yang harus disetujui. Untuk itu klik next, kemudian klik next lagi, dan klik finish. Intinya setelah open system restore tinggal ikuti petunjuk saja.
Windows akan melakukan restart untuk memperbaiki system. Silahkan tunggu hingga proses restart selesai. sobat bisa menilai kinerja laptop; apabila layar terlihat booting dengan normal berarti masalah blue screen sudah teratasi.

Untuk windows XP baik sp1, 2, atau 3. Hal ini disebabkan ketidakcocokan system dengan hardware. Agar tidak terjadi blue screen setelah menginstal sebaiknya minimkan fitur dalam komputer sobat termasuk antivirus, game, atau hal-hal yang tidak penting. Fitur tersebut bisa diinstal kembali setelah windows terpasang nantinya.

Untuk windows 7, biasanya ada program yang terinstall tidak kompatilbel  atau file dll ada yang terhapus.

Untuk kamu yang mengalami bsodc(bluescreen pada windows 8 , namun tidak bisa menggunakan tombol safe mode f8 maka kamu harus menggunakan kaset installernya caranya akan saya posting pada kesempatan berikutnya :)

10 comments for "Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen (BSODC)"

  1. terima kasih banyak atas tips dan ilmuya...

    sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. makasih banyak, artikelnya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  3. sama sama sobat :)

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat gan, thanks ya

    ReplyDelete
  5. sip terimakasih sudah berkunjung sob ;)

    ReplyDelete
  6. terima kasih banyak mas,,,
    sangat membantu sekali,,,

    ReplyDelete
  7. gan mau tanya laptop ane habis di recovery ko layarnya cuma hitam aja ya?

    ReplyDelete
  8. Terimakasih Post Anda Membantu Jangan Lupa Ya Kunjungi Blog Saya Juga ^^ Arigatou..
    http://aikawafaith.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. terimakasih artikelnya.. jadi gk usah di servis lagi klau ada sesuatu. hihi

    ReplyDelete

Yuk Berkomentar Sobat :)