Interface Power BI Desktop - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Interface Power BI Desktop

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pada Work Flow dalam membuat dashboard laporan Power BI dimulai dari Power BI Desktop. Dimana Power BI Desktop adalah alat pembuat laporan yang memungkinkan user untuk membuat laporan, kueri, ekstrak transformasi, dan muat data dari sumber data dan memodelkan kueri. 

Dimana sebelum bisa membuat dashboard Power BI harus memahami terlebih dahulu main menu dari interface Power BI Desktop itu sendiri.

Power BI Desktop Interfacenya memiliki 5 bagian utama seperti gambar berikut ini :

 

Dimana masing masing memiliki fungsi yang berbeda :

  1. Ribbon : Ribbon area ini menampilkan alat ualat umum untuk menyelesaikan tugas yang terkait dengan laporan dan visualisasi. Main menu nya File, Home, View, Modeling, dan Help.

  2. Pages : Tab Pages Area, Letaknya berada di bagian bawah interface memungkinkan user memilih atau menambahkan halaman baru.

  3. Visualizations : Panel Visualisasi memungkinkan sobat untuk mengubah visualisasi, menyesuaikan warna atau menambahkan grafik, menerapkan filter, mengatur axis grafik, dan lain sebagainya.

  4. Fields Pane : Pada Panel Bidang, memungkinkan user untuk menarik elemen kueri maupun filter ke visual Laporan.

  5. Views Pane: Ada tiga jenis tampilan di sini :

    • Reports View – digunakan untuk membuat sejumlah halaman laporan dengan tampilan visualisasi (grafik, dashboard, pie bar dll).

    • Data View – digunakan untuk memeriksa, mengeksplorasi, dan memahami isi asli data dalam model table yang ditampilkan pada report view.

    • Relationship or Model view – digunakan untuk menampilkan semua tabel, kolom, dan hubungan dalam model dashboard power BI.
Tampilan Interface diatas adalah gambaran umum power BI interface, dimasa mendatang mungkin tampilan akan berubah seiring update interface yang diberikan microsoft.

close