Menggunakan Fungsi LEN, LEFT & RIGHT di Excel & Google sheet disertai Contoh - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Fungsi LEN, LEFT & RIGHT di Excel & Google sheet disertai Contoh

Excel dan juga Google Sheets adalah alat spreadsheet yang sangat populer dengan berbagai fungsi yang dapat mempermudah olah dan analisis data. Dalam tutorial ini, kita akan membahas tiga fungsi yang berguna: LEN dan LEFT serta RIGHT. Fungsi ini dapat membantu sobat dalam menghitung panjang teks dan mengekstrak karakter dari teks di kolom excel maupun google sheet, disertai contoh penggunaannya.

1. Fungsi LEN

Fungsi LEN pada Excel ataupun Google Sheets digunakan untuk menghitung jumlah karakter dalam sebuah teks atau sel. Berikut adalah cara penggunaannya, cukup menggunakan sintaks:

=LEN(teks)

Contoh Penggunaan:

Jika kita memiliki teks "GoogleSheets" di sel A1, kita dapat menghitung jumlah karakternya dengan rumus berikut di sel B1:

=LEN(A1)

Hasilnya akan menjadi 12, karena "GoogleSheets" terdiri dari 12 karakter.

Coba ubah isi teks menjadi karakter lain misal "Excel" , maka akan muncul angka 5 karena karakter Excel terdiri dari 5 karakter.

2. Fungsi LEFT

Fungsi LEFT digunakan untuk mengekstrak sejumlah karakter tertentu dari sebelah kiri teks atau angka. Berikut adalah sintaks penggunaannya:

=LEFT(teks, jumlah_karakter)

Contoh Penggunaan:

Jika kita ingin mengekstrak 5 karakter pertama dari teks di sel A1, kita dapat menggunakan rumus berikut di sel B1:

=LEFT(A1, 5)

Hasilnya akan menjadi "Googl", karena fungsi LEFT mengambil 5 karakter pertama dari "GoogleSheets".

3. Fungsi RIGHT

Fungsi RIGHT pada Excel digunakan untuk mengekstrak sejumlah karakter tertentu dari sebelah kanan teks atau angka. Fungsi ini mirip dengan LEFT, tetapi mengekstrak karakter dari sebelah kanan. Fungsi ini memiliki sintaks:

=RIGHT(teks, jumlah_karakter)
  • teks: Merupakan argumen yang berisi teks atau angka dari mana Anda ingin mengekstrak karakter.
  • jumlah_karakter: Merupakan argumen yang menentukan jumlah karakter yang akan diekstrak dari sebelah kanan teks atau angka.

Contoh penggunaan RIGHT:

Misalkan kita memiliki teks "ExcelRocks" di sel A1, dan kita ingin mengekstrak 4 karakter dari sebelah kanan, kita dapat menggunakan rumus berikut di sel B1:

=RIGHT(A1, 4)

Hasilnya akan menjadi "ocks", karena fungsi RIGHT mengambil 4 karakter terakhir dari "ExcelRocks".

Fungsi RIGHT dapat berguna dalam situasi di mana Anda perlu mengekstrak karakter dari bagian akhir teks, seperti mengekstrak ekstensi file dari suatu nama file atau mendapatkan kode pos dari alamat.

Setelah Memahami fungsi LEN, LEFT dan RIGHT ini maka sobat sudah bisa mengolah karakter yang ada pada excel maupun google sheet, dimana untuk memahami lebih dalam jufrika.com memberikan contoh soal yang mungkin akan sobat temui di dunia kerja, berikut contoh soalnya :

Buatlah Kode Penjualan Brand Mobil Dibawah ini berdasarkan contoh kode pada baris pertama menggunakan fungsi len, left dan right : 

Coba kerjakan terlebih dahulu jika sudah yakin download kunci jawaban yang ada dibawah artikel berikut :

contoh penggunaan len, left right excel dan google sheet .xlxs

close