Cara Mengatasi Problem The User Profile Service Failed The Sign-In Windows - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Problem The User Profile Service Failed The Sign-In Windows

Salah satu kendala yang kerap dihadapi oleh pengguna Windows 10 hingga 11 adalah ketidakmampuan untuk masuk ke desktop dengan munculnya pesan kesalahan error "The User Profile Service Failed The Sign-In. User profile cannot be loaded.". Seperti gambar berikut ini :

Masalah ini bisa timbul karena profil pengguna di komputer mengalami korupsi atau kerusakan. Pesan kesalahan tersebut terus muncul, mengakibatkan Windows 10 tidak dapat digunakan hingga permasalahan ini diperbaiki.

Faktor Penyebab Trouble

Beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya meliputi:

  1. Penghapusan manual folder pengguna (C:\Users\nama-profil-pengguna) tanpa melakukan penghapusan akun pengguna dengan cara yang benar. Tindakan ini menyebabkan Windows gagal memuat data pengguna (ProfileImagePath), mengakibatkan proses login mengalami error.

  2. Perubahan nama folder pengguna (C:\Users\nama-profil-pengguna) secara manual, yang mengakibatkan masalah serupa dengan poin nomor 1.

  3. Profil pengguna mengalami korupsi akibat suatu masalah tertentu seperti expired windows, atau fake license.

  4. Campur tangan oleh program tertentu, seperti antivirus, atau bahkan virus yang dapat menyebabkan Windows 10 atau Windows 11 tidak dapat memuat data pengguna.

Solusi

Untuk mengatasi masalah ini, cara mudahnya ialah melakukan install ulang windows namun jika ada aplikasi atau file yang penting dan sobat tidak ingin menempuh jalur install ulang berikut beberapa cara serta langkah perbaikan yang mudah dapat dicoba :

Cara 1 : Membuat Profil Administrator Baru

1. Masuk ke Safe Mode with Command Prompt. Dengan cara ketika halaman login klik tombol shift + restart lalu pilih advance options.

2. Pilih Command Prompt


2. Setelah masuk safe mode, Silakan ketik perintah-perintah berikut secara berurutan, pastikan menekan Enter pada setiap baris :

  1. net user nama-pengguna /add
  2. net localgroup administrators nama-pengguna /add
  3. shutdown -r
Gantilah "nama-pengguna" dengan nama pengguna yang Anda inginkan. Perintah-perintah ini bertujuan untuk menambahkan pengguna baru, menetapkannya sebagai bagian dari grup administrator, dan me-restart sistem.
 
3. Setelah berhasil restart maka login dengan profile administrator yang sudah sobat buat dengan CMD tersebut.
 
Cara 2 : Melakukan Reset PC

Untuk mengatasi masalah "The User Profile Service Failed The Sign-In", langkah kedua yang mudah untuk dilakukan selain install ulang adalah dengan melakukan Reset PC. Ini merupakan pilihan optional jika cara sebelumnya tidak berhasil atau tidak dapat dilakukan.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan komputer seperti biasa sampai Anda mencapai halaman login.

  2. Klik tombol Power hingga muncul menu Restart, lalu tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard sekligus klik tombol Restart. (Shift + Restart), agar lebih paham lihat gambar berikut :

     


  3. Setelah berhasil masuk ke halaman Win Repair , pilih menu Troubleshoot > Reset this PC.

     

  4. Sobat akan melihat dua opsi, pertama "Keep my files" jika ingin data pengguna tetap ada, dan "Remove everything" jika ingin menghapus semua data.


  5. Pilih Opsi "Keep my files" agar data pengguna tidak terhapus.

  6. Selanjutnya, klik tombol Next > lalu klik tombol Reset.

  7. Tunggu hingga proses reset selesai.

Setelah Windows selesai direset dan kembali ke desktop, program-program lama akan terhapus. Kondisi Windows akan kembali seperti saat pertama kali Anda membeli laptop namun dengan kondisi tidak semua aplikasi bawaan terhapus hanya aplikasi pihak ketiga saja dan file juga terlindungi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan masalah "The User Profile Service Failed The Sign-In" dapat teratasi. Pastikan untuk melakukan instalasi ulang program-program yang diperlukan setelah proses reset selesai ya sob !.

close