Cara Menampilkan Widget Gadget Monitor CPU RAM windows 7, 8, 10, dan 11 - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Widget Gadget Monitor CPU RAM windows 7, 8, 10, dan 11

Widget Monitor CPU jika sobat menggunakan sistem operasi Windows 7 maka akan secara default muncul tanpa perlu mengotak atik lebih dalam, pertanyaannya bagaimana dengan sistem operasi windows terbaru seperti windows 10, dan 11 kini ? Seperti contoh screenshot layar desktop berikut :

Ternyata sobat juga dapat menggunakan berbagai aplikasi pihak ketiga untuk menampilkan widget monitor CPU dan RAM dengan berbagai opsi. Berikut jufrika.com jelaskan beberapa opsi yang bisa gunakan jika ingin menampilkan widget CPU RAM Monitor dari windows 7 hingga windows 11.

Windows 7

Jika menggunakan windows 7 maka sobat tidak perlu menginstall paket widget apapun karena sudah disediakan oleh windows 7 sendiri. Sobat tinggal mencari / search gadget dan pilih CPU Monitor atau dengan mengikuti langkah berikut :

Cara Menambah Gadget Windows 7 :

  • Pada area kosong di desktop, Klik kanan kemudian klik Gadget.
  • Lalu akan muncul antarmuka Gadget, tinggal pilih gadget yang ingin ditampilkan dari berbagai macam item termasuk CPU Meter.

Windows 10

Pada windows 10 gadget sudah ditiadakan secara default, termasuk wi dimana opsi default yaitu menggunakan Task Manager bawaan untuk melihat penggunaan CPU dan RAM secara real-time. Dengan cara menekan bersamaan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager, kemudian klik pada tab "Performance" untuk melihat grafik dan informasi tentang penggunaan CPU dan RAM.

Namun walau secara default sudah tidak ada lagi gadget seperti windows 7, windows 10 masih memperbolehkan untuk menginstall pihak ketiga untuk menampilkan gadget atau widget termasuk CPU meter. berikut cara menampilkannya dengan opsi pihak ketiga :
 
Microsoft Store :  Jika Buka Microsoft Store, cari pencarian widget launcher, atau widget saja, pilih yang free saja lalu install dan setelah menginstall maka sobat dapat menampilkan kembali gadget CPU dan RAM monitor.
 


Rainmeter : Jika belum puas dengan hasil Widget Launcher yang ada di microsoft store, opsi selanjutnya sobat bisa menginstall Rainmeter.
 
Rainmeter adalah aplikasi gratis dan open-source yang memungkinkan kita menampilkan berbagai widget, termasuk monitor CPU dan RAM, di desktop Windows 10. Secara default tampilan raimenter seperti ini :
 
 

 
Namun bisa di costum tampilannya dengan mendownload skinnya di forum yang disediakan raimenter. Jika tertarik, Sobat dapat mengunduh rainmeter yang jufrika.com sediakan dibawah artikel ini.

Windows 11

Pada windows 11, pihak microsoft sepertinya sadar akan pentingnya gadget bawaan dari sistem operasi windows sehingga fitur ini dikembalikan seperti layaknya windows 7 namun dengan beberapa update tampilan. Sehingga untuk memonitor penggunaan CPU di windows 11 sobat bisa lakukan dengan 3 opsi :

  1. Task Manager: Cara yang sama seperti di Windows 10, sobat dapat menggunakan Task Manager untuk memantau penggunaan CPU dan RAM di Windows 11. Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager, kemudian klik pada tab "Performance".

  2. Widgets Windows: Windows 11 dilengkapi dengan fitur Widgets seperti windows 7 yang dapat diakses dengan cara mengklik ikon Widgets di taskbar. Di sana, sobat dapat menambahkan widget untuk memantau berbagai informasi sistem, termasuk penggunaan CPU dan RAM.

  3. Rainmeter: Seperti pada Windows 7 dan 10, Rainmeter tetap menjadi opsi untuk menampilkan widget monitor CPU dan RAM di desktop.

Jika sobat lebih suka solusi yang sederhana dan terintegrasi dengan sistem, Anda dapat menggunakan Task Manager bawaan atau Gadget bawaan. Namun, jika ingin lebih banyak kontrol dan kustomisasi, Rainmeter adalah pilihan yang baik yang bisa sobat download dibawah ini.

download Laporan Keuangan Bulanan Excel.xlsx

close