Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemulihan Fisik Setelah Operasi Pasang atau Lepas Pen : Panduan Latihan di Rumah

Operasi pasang atau lepas pen pada tulang seringkali merupakan tahap penting dalam perjalanan pemulihan pasien orthopedi. Setelah prosedur ini, penting bagi individu untuk menjalani program pelatihan fisik yang tepat guna mempercepat pemulihan, meningkatkan keseimbangan, dan mengembalikan kekuatan tubuh. Artikel ini akan memberikan panduan latihan di rumah yang sesuai setelah operasi pasang atau lepas pen.

 

1. Konsultasikan dengan Tim Medis

Sebelum memulai program latihan, pastikan untuk berkonsultasi dengan tim medis yang merawat Anda. Mereka akan memberikan panduan spesifik berdasarkan kondisi dan tahap pemulihan Anda.

2. Fisioterapi Dalam Program Latihan

Latihan fisioterapi harus menjadi komponen utama program pemulihan Anda. Ini melibatkan gerakan kaki dan sendi yang terkendali, peregangan, dan latihan kekuatan. Pergilah ke sesi fisioterapi secara teratur dan lakukan latihan yang diberikan oleh fisioterapis Anda juga di rumah, jika mampu beli juga alat fisioterapi yang digunakan untuk mempercepat pemulihan, contoh lampu infrared yang dapat digunakan untuk mempercepat aliran darah dan merangsang pertumbuhan kalus, seperti gambar dibawah ini yang bisa sobat beli.

[beli di tokopedia].

3. Latihan Ringan dengan Berat Badan

Berjalan-jalan ringan atau berjalan di tempat adalah latihan kardiovaskular yang dapat dilakukan tanpa membebani tubuh secara berlebihan. Jika masih terasa sakit gunakan 2 tongkat lalu meningkat 1 tongkat hingga tanpa tongkat. Latihan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat pemulihan. Bersepeda statis menggunakan sepeda ala di gym juga merupakan pilihan yang baik.

4. Latihan Keseimbangan

Setelah benar sudah bisa berjalan tanpa tongkat atau satu tongkat, latihan keseimbangan sederhana seperti berdiri di satu kaki, jinjit, atau berlatih pada permukaan yang tidak stabil dapat membantu memperbaiki keseimbangan tubuh. Ini penting untuk mencegah jatuh dan membangun kepercayaan diri.

5. Latihan Range of Motion (ROM)

Latihan untuk meningkatkan rentang gerak sendi yang terkait dengan operasi tulang atau sendi adalah bagian kunci dari program pemulihan. Pastikan untuk melakukan latihan ROM dengan penuh konsistensi dan sesuai petunjuk dari tim medis, hal ini penting karena jika lama dibiarkan maka rentang gerak akan semakin terbatas karena kaku.


6. Peregangan dan Relaksasi

Peregangan ringan membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan fleksibilitas. Pergunakan teknik peregangan yang lembut untuk menjaga elastisitas otot dan meredakan ketidaknyamanan.

Kesimpulan

Program latihan di rumah setelah operasi pasang atau lepas pen adalah langkah krusial dalam pemulihan. Ingatlah untuk selalu mendengarkan tubuh Anda dan berkomunikasi secara terbuka dengan tim medis. Konsistensi dalam melaksanakan latihan akan membawa manfaat positif dalam memulihkan kekuatan dan keseimbangan tubuh Anda. Tetaplah berfokus pada pemulihan Anda dan teruslah berkembang menuju kesehatan yang optimal.

to close