Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mematikan Windows Update dengan 1 kali Klik

Pengertian Windows Update 

Windows Update adalah fitur windows yang difungsikan untuk dapat menginstall update package windows secara otomatis ketika terkoneksi dengan internet, tujuannya untuk memperbaiki bug atau menginstall paket tambahan keamanan windows. Baik itu dari generasi microsoft windows 7 hingga windows 11 sekarang fitur ini wajib ada pada sistem operasi windows.

Manfaat Mematikan Windows Update

Mematikan windows update sangat bermanfaat untuk sobat yang tidak ingin kuota internetnya terkuras, atau kesal dengan windows yang tiba tiba update sendiri. Mematikan Windows Update ini sebenarnya susah susah gampang, ada berbagai cara untuk mematikan windows update, namun kali ini jufrika.com akan memberikan solusi yang simple, mudah, dan cepat untuk mematikan windows update yang bisa sobat lakukan sendiri tanpa perlu membawa ke teknisi laptop.

Ragam Cara Mematikan Windows Update


Untuk mematikan Windows Update ada yang mengakalinya dengan menginstall sistem operasi windows lite, windows ghost spectre, dimana sebenarnya dengan menggunakan windows tersebut sebenarnya bukan mematikan windows update, namun lebih ke cara menunda update windows yang mau diinstall.

Juga ada yang menggunakan script untuk mematikan windows update, ada juga yang menggunakan cara yang cukup ribet yaitu masuk ke menu services, lalu disable windows updatenya, seperti cara berikut, jika sobat ingin mencoba :

  1. Tekan Windows logo key + R  secara bersamaan untuk menjalankan Run box.
  2. Ketikan services.msc dan tekan Enter.
  3. Scroll down dan cari service : Windows Update, dan double-click.
  4. Pada Startup type, pilih "Disabled". kemudian click "Apply" dan "OK" untuk menyimpan settingan.

Mematikan Windows Update Dengan Mudah

Nah pada pembahasan tips trik windows kali ini cara mematikan windows update dari jufrika.com cukup gampang, cukup menggunakan software tools yang ukurannya kecil yaitu windows update blocker.

Dimana dengan menggunakan tools ini windows update sangat mudah di matikan tanpa disable windows store, yang artinya tidak berpengaruh pada windows store.

Link unduhan ada dibawah artikel ini, namun sebelum mendownload berikut petunjuk penggunaan aplikasi windows update blocker ini.

  1. Download tools [Link dibawah artikel]

  2. Buka Aplikasinya, untuk yang menggunakan windows versi 32 bit bisa menggunakan Wub.exe, jika versi 64 bit bisa menggunakan Wub_x64.

  3. Secara default tampilan akan seperti ini jika sebelumnya windows updatenya belum dimatikan.

  4. Untuk mematikannya, sobat cukup klik disable update dan centang protect service setting.

  5. Terakhir klik apply now, hingga tampilan berubah menjadi tampilannya seperti pada gambar dibawah ini.


 Setelah apply now dan tampilan aplikasi berubah, maka sobat dapat mengecek apakah benar windows update sudah benar benar mati dengan melihat tampilan windows update sudah berubah menjadi disable by your company administrator lalu muncul something went wrong, yang artinya windows update sudah disable secara sempurna, bukan ditunda ya, benar benar disable.


Untuk sobat yang berminat mencoba bisa mengunduh aplikasi toolsnya secara freeware alias gratis bukan aplikasi bajakan lewat banner download dibawah ini.

download Laporan Keuangan Bulanan Excel.xlsx

to close