Cara Sheet Excel Link Dengan Sheet Lainnya - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sheet Excel Link Dengan Sheet Lainnya

jufrika.com - Dalam mengelola dokumen menggunakan excel ada kalanya kita memerlukan trik cepat atau tindakan cepat, misal diperintahkan atasan untuk meng entry data dari sheet pertama ke sheet kedua, ketiga dan seterusnya. Dimana sheet pertama sebagai data sumber dan sheet kedua dan seterusnya adalah data hasil olahan yang bersumber dari sheet pertama, misal menampilkan table atau grafik.

Umumnya kebanyakan orang hanya mencopy paste dari sheet satu ke sheet lainya, sehingga memerlukan waktu yang lama terlebih sheetnya bisa puluhan, copy paste semacam ini sangatlah beresiko, yaitu resiko salah copy paste, sehingga data yang ditampilkan bisa saja tidak sesuai.

Nah untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya menggunakan metode link sheet excel, dimana dengan metode ini, data yang ditampilkan bersumber dari data yang berada pada sheet lainnya di excel. Sehingga bisa meminimalisir kesalahan copy paste, dan bahkan membuat pekerjaan menjadi ringan dan lebih cepat, terlebih lagi jika entry data ini berformat data yang sama terus menerus dan menjadi pekerjaan regular.

 Cara Sheet Excel Link Dengan Sheet Lainnya

Berikut cara link sheet pada excel dari sheet lainnya dimana caranya sebenarnya cukup mudah yaitu dengan menulis formula sebagai berikut :

=kolom excel di sheet lain

Sebagai contoh sebagai berikut :

Ada sebuah laporan yang memerlukan data dari sheet yang bernama 1st pass, untuk ditampilkan pada kolom excel di sheet Blue PWM 10, seperti gambar berikut ini :

Maka yang diperlukan adalah :

  1. Letakan kursor pada kolom pada sheet excel yang dituju (contoh disini Blue PWM 10)


  2. Tulis sama Dengan ( = ) pada kolom excel yang dituju.


  3. Kemudian arahkan ke kolom pada sheet sumber (contoh disini 1st pass), Hingga muncul garis putus putus yang muncul klik enter


  4. Maka otomatis excel akan mengarahkan ke sheet tujuan hingga muncul data yang sama dengan sheet sumber. Seperti contoh gambar berikut :

Selesai, jika ingin semua kolom terisi tinggal drag kebawah saja maka semua data akan terisi otomatis.

Itulah sedikit tips trik excel mengenai cara link data excel dari sheet lain semoga bermanfaat.

close