Program Seven Segment menggunakan Arduino - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Seven Segment menggunakan Arduino

Seven segment (7s) merupakan salah satu komponen elektronika yang berfungsi sebagai penampil karakter angka maupun karakter huruf tertentu yang dikemas dalam bentuk kotak dan mengeluarkan cahaya LED berwarna ketika di setting. 
 
Contoh pengaplikasian penggunaan 7 Segment sangat beragam baik hanya sebagai hiasan atau benar di fungsikan dengan manfaat seperti penujuk digital spedo meter, papan promosi, nomor lift, digital watch, multi meter digital, digital counter, serta banyak lainnya.

Prinsip kerja dasar dari komponen 7 segment yaitu menggunakan terang dan redup cahaya LED pada setiap bagian (biasa berbentuk garis) untuk membentuk angka huruf atau karakter tertentu sesuai keinginan pengguna. Selain itu disediakan dot/ titik juga yang berada disamping kanan bawah komponen. Berikut bentuk umum dari seven segment :

komponen seven segment
 
Untuk menghidupkan seven segment sebenarnya bisa tanpa program hanya menggunakan tegangan (voltase) seperti led, asalkan sobat mengetahui jenis sevent segment apa yang sobat gunakan, common anoda atau common katoda, berikut penjelasannya :

Jenis Jenis Seven Segment

Ada 2 jenis seven segment yaitu seven segmen common anoda, serta seven segment common katoda, penjelasan detail anoda serta katoda bisa dipelajari pada artikel dioda pada artikel berikut :

Untuk memudahkan sobat mengerti perbedaan seven segment common anoda maupun katoda bisa melihat gambar berikut :
 
 
seven segment pinout and common

7 segment anoda memiliki common yang diberi tegangan positif (+) sedangkan pin lainnya diberi GND atau tegangan negatif (low) untuk bisa hidup. Sedangkan 7 segment katoda kebalikannya aktif ketika common diberi tegangan (-) low/ GND sedangkan pin lainnya diberi tegangan positif (+) untuk bisa aktif. Maka untuk membuat karakter 0 hingga 9 menggunakan prinsip digital (tabel kebenaran) sebagai berikut :
 
7 segment truth table


Program Seven Segment menggunakan Simulasi Arduino

Setelah mengetahui prinsip kerja 7 segment maka kini sobat siap untuk menggunakan sevent segment menggunakan arduino. Namun sebelumnya pada artikel ini kita akan mensimulasikan menggunakan proteus ISIS 8.1 full versi yang bisa sobat download lewat link dibawah artikel. 

1. Persiapan Tools
 
Adapun bahan dan alat yang perlu sobat perlukan ialah :
  • Komputer + Program Simulasi PROTEUS
  • Library Module Arduino Uno Proteus
  • Library Module Sevent Segment common anoda.
  • Library module gerbang NOT

BACA JUGA :

2. Schematic Design
 
Setelah module dan program lengkap coba sobat rangkai dengan bentuk seperti gambar berikut Pastikan Pin I/O nya benar sesuai deklarasi program :
  • ABCDEFG = PIN DIGITAL 12,11,10,9,8,7,6 
  • DP = N/A
  • 1234 = A1,A2,A3,A4

schematic arduino uno seven segment simulation

 
3. Programming Process
 
Kemudian buka program arduino IDE dan buatkan program seperti capture berikut, program arduino dapat di download pada link dibawah artikel :
 
program seven segment simple loop

 
Compile program 7 segment nya dan copy file .hex yang muncul pada black consol, jika tidak muncul sobat bisa baca tutorial berikut [cara menampilkan file hex arduino]
 
file hex arduino compiler

Pastekan lokasi file .hex ke dalam Arduino yang ada pada projek Proteus dengan cara double klik, kemudian pastekan pada kolom Program File.
 
Klik Ok.
 
Kemudian klik tombol run dengan menekan tombol keyboard F12  atau lewat menu debug lalu run simulation (F12) dan lihat hasilnya akan seperti gif berikut:
 
program seven segment arduino

 

Program Seven Segment Menggunakan Arduino Board

Jika sudah bisa menggunakan simulasi sobat jufrika.com bisa menggunakan board arduino asli beserta menggununakan module 7 segment kit untuk membuat prototipe sevent segment.
 
1. Persiapan Tools
  • Arduino Uno
  • Komputer + Software IDE Arduino
  • Kabel Jumper secukupnya
  • Modul seven segment TM1637 [harga 8100 di tokopedia recomended here]

 
2. Pembuatan Schematic Design

Untuk design schematic arduino dengan module seven segment TM1637 bisa dirangkai menggunakan project board atau langsung menggunakan PCB seperti gambar berikut :
 
arduino seven segment 4 digit module


3. Programming 

Sebelum menggunakan arduino dan module seven segment TM 1637 sobat perlu mengunduh dan menginstall library TM 1636 disini. Agar tidak terjadi error.

Cara Menginstall Library pada Arduino IDE bisa dibaca :

Cara Menginstall Library Baru Ekternal Arduino IDE
 
Setelah itu untuk programming menggunakan arduino IDE bisa mengcopy program berikut ini[link download program file .ino dibawah artikel]. 
 
 

Untuk full dari program pembelajaran program seven segment menggunakan arduino bisa sobat unduh melalui link banner dibawah ini. Nantinya jika sudah paham maka sobat bisa mengembangkan fungsi dari sevent segment ini baik itu untuk jam digital, counting bom dll.
 
close