Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengobatan Patah Tulang Alternatif vs Medis (Kelebihan dan Kekurangan)

Patah tulang bukanlah sebuah penyakit, terkadang musibah yang tidak terduga bisa saja mengakibatkan anggota badan terkhususnya tulang anda menjadi patah. Penyebab patah tulang ialah ketidakmampuan tulang dalam menahan beban berlebih yang mampu ditopang oleh tulang. 

Aktivitas seperti olahraga ketinggian, tertimpa benda berat, jatuh dengan kecepatan tinggi, tertabrak dengan kecepatan tinggi, tergelincir, dan lain sebagainya bisa menjadi penyebab tulang patah.

Untuk itu jika saat kejadian sobat sudah yakin bahwa hal itu adalah patah tulang ada baiknya di ronsen terlebih dahulu di rumah sakit terdekat, dimana sebelum nya sobat perlu mengetahui ciri patah tulang atau retak disini :

BACA : Ciri ciri patah tulang atau retak

jika kesimpulannya benar benar patah tulang akan muncul dua solusi yang bisa sobat tempuh yaitu jalur alternatif tanpa operasi atau lewat jalur medis baik itu hanya di gips atau perlu tindakan operasi. Contoh ronsen perbandingan sebelum dan sesudah patah tulang salah satu pasien warganet seperti berikut :

biaya operasi patah tulang

Dua solusi tersebut memiliki kelebihan serta kekurangan masing masing, berikut perbedaannya simak artikel berikut ini :

Kelebihan & Kekurangan Penyembuhan Tulang jalur Alternatif

Semua jalur pengobatan memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing begitu juga dengan jalur pengobatan tulang secara alternatif memiliki kelebihan dan kekurangan berikut
 
Kelebihan Pengobatan Patah tulang Alternatif :

1. Tidak Memerlukan Tindakan Pembedahan

Salah satu kelebihan alternatif yang menjadi faktor utama orang memilih untuk menempuh jalur ini ialah tidak adanya proses pembelahan lapisan kulit untuk memperbaiki posisi tulang yang patah atau menjauh, biasanya dukun tulang melalukan tindakan menggeser tulang dan mendekatkan tulang yang patah dengan cara ditarik/ di dorong/ di geser paksa lalu di urut perlahan atau paksa dan jika dirasa sudah sesuai kemudian diberikan balutan perban dan diberi ramuan dari luar atau jamu tertentu untuk mengurangi rasa nyeri. 

2. Tidak memerlukan surat atau dokumen

Yang kedua ialah tidak perlu melengkapi dokumen keterangan, misal surat keterangan kecelakaan jasa raharja, keterangan kepolisian jika penyebab patah tulang kecelakaan, atau dokumen asuransi seperti BPJS atau asuransi lainnya jika penyebabnya bukan kecelakaan. 

3. Ramuan atau Obat obatan alami

Dan yang terakhir yaitu obat obatan yang digunakan bersifat alami atau dari alam, misal dari dedaunan tertentu, dari pohon, dari kulit, daging, yang bisa berbentuk minyak, atau yang bisa dimimum dan dimakan. 

obat herbal patah tulang
minyak patah tulang kalimantan

Kekurangan Pengobatan Patah tulang Alternatif:

1. Biaya relatif mahal

Untuk hasil survei dari jufrika.com sendiri biasa pengobatan alternatif menawarkan paket minimal 3 juta hingga ratusan juta, paket berisi servis pengobatan, dan obat obatan dalam durasi tetentu misal sebagai contoh 1 bulan 10 juta jika belum sembuh maka bisa menambah paket 2 bulan dan seterusnya. 

2. Tidak Ada Kepastian Waktu Kesembuhan

Jika melalui alternatif tidak ada jaminan akan sembuh, terlebih jika patah tulang termasuk kompleks dan sulit disembuhkan misal posisi tulang belakang, panggul, engkel kaki, tumit, dada, dimana posisi itu sangat sulit disembuhkan karna posisi nya yang sulit. 

Dari penelusuran banyak juga yang mengalami pengobatan alternatif hingga harusnya sudah sembuh bisa menjadi bertahun tahun tidak kunjung sembuh, karena posisi tulang yang menjauh setelah di urut atau tidak pas dan mengenai saraf saraf lainnya. 

Bahkan juga ada yang akhirnya memiliki selisih ukuran anggota tubuh beberapa centi meter jika menempuh jalur alternatif.

Kelebihan & Kekurangan Penyembuhan Tulang jalur Medis

Semua jalur pengobatan memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing begitu juga dengan jalur pengobatan tulang secara medis di rumah sakit memiliki kelebihan dan kekurangan berikut ini :

Kelebihan Pengobatan Patah Tulang secara Medis :

1. Biaya dicover sepenuhnya oleh BPJS dan atau JASA RAHARJA
 
Kelebihan pertama untuk pengobatan jalur medis adalah biaya pengobatan bisa dicover oleh BPJS Kesehatan jika penyebabnya bukan kecelakaan dan JASA RAHARJA jika penyebab patah adalah kecelakaan, sehingga dapat menghemat biaya konsultasi atau bahkan GRATIS, dari tindakan operasi pemasangan pen atau gips hingga selesai pelepasan pen sampai sembuh total.
 
biaya operasi patah tulang
 
2. Ditangani Dokter Spesialis Tulang dan Sendi
 
Jika dijalur alternatif biasanya ditangani oleh ahli tulang/ dukun tulang maka untuk pengobatan jalur medis ditangani oleh dokter spesialis, biasanya dokter spesialis disini adalah dokter spesialis orthopedi (tulang dan sendi), dimana untuk mendapatkan gelar dokter spesialis maka tahapannya ialah harus kuliah kedokteran spesialis othopedi setelah menyelesaikan kuliah kedokteran umum, artinya ditangani oleh yang benar sudah paham dan ahli berlandaskan ilmu pengetahuan yang dapat dipelajari.

3. Ada Kepastian & Pertanggung Jawaban Kesembuhan
 
Penanganan Dokter memiliki tanggung jawab penuh terhadap pasiennya, dimana jika terjadi kesalahan prosedur maka dokter lah yang bertanggung jawab penuh atas kesehatan pasien. Dari proses pemasangan pen melalui tindakan operasi hingga obat obatan semua di kontol berdasarkan analisa dokter. Maka daripada itu penting untuk mengikuti saran dokter ketika proses pemulihan, dan jika terjadi malpraktek tindakan dokter dapat dituntut oleh pasien sesuai hukum yang ada.

Untuk hasil setelah pemasangan pen juga biasanya lebih rapi dan hampir sama seperti sebelum tulang patah, dikarenakan dicek melalui proses ronsen atau MRI scan, dan dipasang pen mengikuti bentuk tulang yang seharusnya. Serta ketika kontrol diberikan obat obatan seperti pereda nyeri, kalsium penumbuh tulang, dan pelumas sendi.
 
Kekurangan Pengobatan Patah Tulang secara Medis :
 
1. Harus Melalui Proses Medis 
 
Satu satunya kekurangan medis yaitu jika tulang patah biasanya tindakan pertama yaitu pemasangan pen atau nail khusus yang dipasang sebagai penyangga atau penopang tulang, hingga tulang menyatu sempurna. Dimana proses pemasangan pen atau nail membutuhkan pengorbanan yaitu harus siap di operasi, yang mana tindakan operasi bagi kebanyakan orang masih takut akan namanya tindakan operasi.

Itulah kelebihan serta kekurangan masing masing jalur pengobatan patah tulang baik itu secara alternatif maupun medis, mudah mudahan dengan artikel ini kebimbangan sobat dalam mengambil jalur pengobatan yang tepat untuk diri dan keluarga.

to close