Cara Menghemat Bahan Bakar Bensin pada Kendaraan Tanpa Biaya - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Bahan Bakar Bensin pada Kendaraan Tanpa Biaya

Cara Menghemat Bahan Bakar terutama Bahan Bakar Minyak atau Bensin pada kendaraan adalah sesuatu yang harus dilakukan jika ingin menghemat pengeluaran ditengah harga minyak yang semakin mahal dan tidak menentu. 

cara menghemat bbm

Berikut 3 tips yang bisa sobat lakukan untuk bisa menghemat bahan bakar tanpa perlu mengisi obat berupa pil yang jelas jelas merupakan pembodohan karena pil tersebut akan meghambat saluran minyak dan akhirnya nanti bukannya menghemat akan membuat kendaraan turun mesin. Berikut tips sederhana yang bisa sobat terapkan :

Berkendara Secara Halus

Berdasarkan data research department energi di negara Amerika Serikat (www.fueleconomy.gov), cara berkendara mempengaruhi konsumsi bahan bakar, dimana pengendara yang agresif dan urakan dan suka dengan berkendara kecepatan penuh dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar mencapai 33% ketika di jalan tol, atau 5% di jalanan perkotaan yang ramai.

Maka daripada itu berkendaralah secukupnya tidak perlu tergesa gesa atau agresif, karena selain mampu menghindari tingkat kematian akibat kecelakaan, juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli bahan bakar.

Perhatikan kondisi BAN

Suka atau tidak suka kondisi Ban sangat mempengaruhi performa sekaligus penggunaan bahan bakar, Dimana memiliki BAN kendaraan yang bertekanan udara sesuai instruksi dapat menghemat hingga 3% bahan bakar, tergantung jenis dan model kendaraan yang sobat gunakan. 

Untuk itu solusi kedua untuk dapat menghemat bahan bakar kendaraan sobat, pastikan segara regular (teratur) untuk memerika tekanan ban kendaraan baik itu kendaraan roda dua dan roda empat, minimal 1 bulan sekali. Jika sudah rusak baik sering bocor dan sudah terlalu licin ada baiknya diganti ke tempat service langganan sobat.

Kurangi beban Kendaraan Anda

Berdasarkan Teori Fisika, semakin berat suatu benda maka akan semakin besar pula energi yang dibutuhkan untuk memidahkannya, begitu pula dengan kendaraan sobat, semakin banyak dan berat beban yang dibawa kendaraan, maka semakin banyak pula bahan bakar yang digunakan. 

Maka itu hindari penggunaan beban berlebih ketika berkendara, jangan sampai melebihi kapasitas kendaraan sobat, misal beban motor maksimal 100 Kg sobat beri hingga 300 Kg, itu akan membuat bahan bakar cepat habis.

Jika itu kendaraan berupa mobil, maka keluarkan barang-barang yang berat dan tidak terlalu dibutuhkan sehingga menhemat space di dalam mobil dan konsumsi Bahan Bakar Minyak (bensin) sobat.

close