Hardisk vs SSD mana yang lebih untung digunakan? - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hardisk vs SSD mana yang lebih untung digunakan?

Teknologi penyimpanan semakin maju, walau sudah ada penyimpanan online cloud storange seperti Google Drive, iCloud, ataupun terabox yang mampu menyimpan 10 Hingga hingga puluhan 1 TB Secara Gratis, Penyimpanan secara fisik tetaplah diperlukan.

Apa yang membuat penyimpanan secara fisik tetap diperlukan?

Ada beberapa poin kenapa penyimpanan fisik diperlukan, salah satunya adalah perangkat atau hardware tidak akan mampu berjalan tanpa adanya hardware itu sendiri, misal komputer atau laptop atau bahkan smartphone yang sobat gunakan untuk mengakses artikel ini tidak akan mampu berjalan dengan hanya mengandalkan penyimpanan Cloud.

samsung 1 tb
Bagian dalam HDD vs SSD, source @Universitas Surabaya

Nah namun seiring perkembangan zaman penyimpanan fisik terutama di laptop pun ikut berkembang, dimana saat ini ada dua jenis penyimpanan laptop atau komputer yang popular, yaitu Hardisk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD). Diartikel ini akan dibahas keutungan menggunakan Hardisk vs SSD secara singkat dan jelas :

Kelebihan dan Kekurangan Hard Disk Drive

Prinsip kerja HardDisk Drive (HDD) menyimpan data pada piringan-piringan magnetik yang bergerak secara mekanik, sehingga ketika proses baca tulis akan menimbulkan suara. Karena itulah HDD ini memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan :

Dari segi kelebihan :

1. Lebih Murah, Jika dibandingkan Head to Head harga 1 TB Hardisk akan sebanding dengan SSD dengan penyimpanan SSD 500 GB.

2. Lebih Mudah Direcovery, Jika dibandingkan SSD, maka data recovery HDD masih mudah dikembalikan jika terjadi masalah karena masih berupa piringan magnetik, tentu teknisi lebih mudah memperbaiki bahkan mengembalikan data yang rusak atau korup.

Kelemahan dari HDD karna masih mengandalkan piringan magnetik tentu akan menghasilkan kebisingan yang berlebih dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menulis dan membaca data karna memerlukan waktu untuk piringan berputar, sehingga juga menjadi rawan rusak jika terjadi guncangan atau accident berlebih terhadap mekanikal system yang ada.

Kelebihan dan Kekurangan Solid State Drive

Solid State Drive menggunakan PCB dengan memory chip yang disusun sehingga berfungsi layaknya penyimpanan seperti HDD.

1. Lebih Cepat, Hal ini disebabkan SSD layaknya penyimpanan USB drive yang menggunakan PCB yang memiliki chip memory, sehingga proses baca dan tulis data bisa lebih cepat dari pada HDD.

2. Lebih Tahan Lama, Dikarenakan SSD hanya menggunakan papan PCB seperti bentuk RAM, membuat SSD lebih tahan lama karena tidak ada benda mekanikal yang bergerak disana.

Kelemahan SSD sendiri tentunya di rentang harga yang masih terbilang mahal dibandingkan HDD, dimana rentang harga SSD per Giganya memerlukan 0.08 hingga 0.10 USD sedangkan HDD cukup mengularkan budget 0.03 hingga 0.06 USD per GB nya. Untuk harga bisa lihat hasil perhitungan kasar SSD dan HDD dibawah ini :

ssd price
Price comparison HDD vs SSD

Kesimpulannya jika sobat mementingkan besar penyimpanan misal untuk backup data maka jufrika.com sarankan untuk memilih hardisk drive, namun jika mencari performa atau ingin menaikan performa laptop maka disarakankan untuk menggunakan SSD. Jika sobat berminat untuk membeli SSD jufrika.com menyarankan beli di toko official ini dimana jufrika.com menggunakan jenis SSD nvme yang terbilang harga bisa bersaing serta super ngebut.

Beli Official Store

close