6 plus 4 Tips Merawat Laptop Agar Awet hingga puluhan tahun - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 plus 4 Tips Merawat Laptop Agar Awet hingga puluhan tahun

Laptop merupakan salah satu alat yang dibutuhkan untuk membantu kita berproduktivas, walau kini sudah tergantikan dengan masifnya penggunaan smartphone untuk menonton dan editing video sederhana buat content creator, penggunaan laptop masih sulit digantikan ketika kamu mulai menjadi seorang professional. 

Kegiatan mengetik dengan smartphone tentu memiliki rasa yang berbeda jika sobat menggunakan laptop, seperti untuk kegiatan membuat laporan,keperluan meeting, presentasi, editing audio video, desain grafis, engineering design tentu masih terlalu sulit jika tidak menggunakan laptop, terlebih laptop kekinian semakin mudah untuk dibawa berpergian kemana mana dengan model yang semakin ringan namun tetap powerfull seperti ultrabook.

Namun tak jarang orang yang memiliki laptop yang tidak awet karena tidak mengetahui ataupun tidak pandai cara merawat laptop. Nah kali ini jufrika.com akan berbagi pengalaman menggunakan laptop dari sejak sekolah kuliah hingga kerja, jika sobat ingin laptopnya awet, maka tips ini patut dan wajib sobat coba.


Ada dua kategori tips trik agar laptop awet, baik secara hardware maupun software, secara hardware sobat bisa perhatikan hal berikut :

1. Hindari meletakan minuman atau benda cair tanpa penutup di samping laptop

Ilustrasi laptop terkena air

 Tips yang pertama ini adalah yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, yaitu menaruh minuman disamping laptop yang mereka gunakan, padahal kebiasaan ini bisa sangat berakibat fatal, terlebih jika minuman tersebut tidak memiliki penutup hingga mudah tumpah, dan akhirnya laptop kemasukan air dan merusak komponen laptop itu sendiri.

2. Hindari penggunaan laptop diarea berdebu

ilustrasi laptop berdebu
 

Debu juga merupakan salah satu musuh produk elektronik, tak terkecuali untuk penggunaan laptop. Walau debu tidak bisa dihindari, namun alangkah baiknya mengurangi penggnaan laptop diarea yang debunya lebih dari biasanya, jikalau pun harus menggunakan diarea tersebut gunakan beberapa pelindung laptop seperti cover keyboard, anti gores LCD, sarung laptop dll.

3. Tutup laptop jika tidak digunakan


Ketika sobat tidak menggunakan laptop, maka alangkah lebih baik laptopnya di tutup,  walaupun lcd sobat bisa dilipat hingga 180 derajat ataupun 360 derajat, fungsinya ditutup ialah menhindari patah engsel, atau pecah LCD ketika ada benda bergerak tak sengaja, atau tersenggol, hingga laptop sobat aman dan jauh kata rusak. 

4. Bersihkan kotoran dan debu di port dan lubang


Sesekali tidak ada salahnya sobat memperhatikan port usb, lubang pembuangan udara, dan yang lubang lubang lain pada laptop sobat, bersihkan dengan sikat khusus dan cairan khusus laptop jika memang sudah berdebu atau bisa sobat lakukan secara teratur, karena efek dari debu yang menumpuk pada port atau lubang-lubang laptop sering kali membuat laptop overheat dan akhirnya merusak komponen laptop.

5. Pilih tempat penyimpanan laptop yang tepat 

Penyimpanan laptop yang tepat menghindari kerusakan laptop dari hal yang tidak diinginkan, umumnya jika memiliki ruangan maka sobat bisa meletakannya di dalam laci, ataupun tas khusus laptop. Busa yang tebal akan sangat baik untuk menghindari laptop tertindih benda berat dan tajam. 

6. Berikan laptop waktu istirahat total

Sesuatu jika dilakukan secara berlebihan tentu lebih banyak keburukannya, maka daripada itu berikan waktu istrihat, kareana pada dasarnya semua komponen memiliki lifetime, performa laptop akan turun seiiring waktu jika tidak diberikan waktu untuk shutdown dan beristirahat.

Secara penggunaan software juga perlu sobat perhatikan tips penggunaanya sebagai berikut :

1. Hindari penggunaan sleep terlalu lama 

fitur sleep di windows

Fitur sleep memang cukup membantu kita jika laptop ingin tidak digunakan dalam waktu sesaat kemudian, namun ternyata jika sleep hingga berjam jam dan bahkan berhari hari hanya menggunakan fitur sleep maka akhirnya laptop sobat akan overheat, karena nyatanya fitur sleep tidak mematikan mesin sepenuhnya, fitur sleep baiknya digunakan jika sobat tidak menggunakan laptop 1 ataupun dua jam saja, jika lebih lebih baik di shutdown saja.

2. Jangan mengecas laptop kurang dari 15 persen

Efek yang ditimbulkan jika laptop sobat sering dicas ketika benar benar low adalah kemampuan penyimpanan battery yang cepat habis terkuras, pada dasarnya waktu cas yang baik adalah ketika mencapai 15 hingga 20 persen sudah waktunya sobat cas laptop.

3. Jaga volume speaker


Sound memang diperlukan ketika sobat sedang asyik mendengarkan audio ataupun memainkan video, namun ada baiknya maksimal sound volume sobat tidak melebihi 95 persen maksimal dan 80 persen rekomendasi dari jufrika.com, karena dikhawatirkan gendang suara akan cepat rusak jika terlalu sering diberikan maksimal, lebih baik lagi jika sobat menggunakan speaker external, ataupun earphone.

4. Monitoring kesehatan hardisk atau SSD

Penyimpanan laptop umumnya menggunakan Hardisk ataupun SSD, nah penyimpanan akan mulai melambat jika ternyata tidak pernah dirawat bisa bisa file yang tersimpan menjadi corupt hingga menyebabkan bluescreen, untuk itu jufrika.com menyarakan sobat untuk menginstall aplikasi monitor Harddisk atau SSD.


Dengan aplikasi monitor maka sobat dengan mudah mengetahui performa dan kesehatan SSD, jika memang sobat berminat aplikasi tersebut bisa sobat download secara GRATIS pada artikel dibawah ini.

 Walau tipsnya cukup banyak, intinya sobat jangan lupa merawat barang yang sobat miliki, karena sesuatu yang dirawat dengan hati tentu akan awet, layaknya cinta yang selalu bersemi. Sekian tips merawat laptop agar awet hingga puluhan tahun versi jufrika.com jangan lupa bantu klik iklan agar jufrika.com selalu independent memberikan tips trik bermanfaat untuk sobat semua.

DOWNLOAD [40.9 MB]

close