Ganti HP dari iPhone ke Android? Ikuti Cara Mudah Ini untuk Pindahkan Data - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ganti HP dari iPhone ke Android? Ikuti Cara Mudah Ini untuk Pindahkan Data

Hai sobat jufrika.com, dalam era digital seperti sekarang, perangkat ponsel pintar menjadi kebutuhan pokok bagi hampir setiap orang. Namun, dengan banyaknya merek dan sistem operasi yang tersedia di pasaran, terkadang kita ingin ganti HP/Smartphone dari satu merek ke merek lain, atau dari satu sistem operasi ke sistem operasi yang berbeda. 

Misalnya saja, sobat sudah bosan menggunakan iPhone dan ingin pindah ke HP Android.Namun pindah HP/Smartphone salah satu hal yang sering menjadi kendala adalah bagaimana memindahkan data dari perangkat lama ke perangkat baru dengan mudah dan cepat.



Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan aktivitas yang berbeda yang dilakukan dengan ponselnya. Maka kita sendiri yang merasakan apakah ponsel yang kita gunakan cukup memadai untuk menemani aktivitas keseharian kita. Misalnya apakah lancar untuk nonton streaming atau lancar mengakses situs tertentu seperti m88 togel. Karena itu, kadang mengganti ponsel yang berbeda sistem operasinya merupakan hal yang perlu dilakukan.

Namun ternyata untuk pindah dari iPhone ke Android bisa jadi sangat rumit dan membutuhkan waktu yang lama jika sobat tidak mengetahui caranya, selain itu, sistem operasi iOS dan Android memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Mulai dari antarmuka pengguna hingga aplikasi yang berjalan di dalamnya.

Kemudian masalah lain saat beralih dari iPhone ke Android adalah aplikasi. Kadang-kadang ada aplikasi yang hanya tersedia di salah satu platform saja. Ada beberapa aplikasi yang sangat terkenal di iPhone, tetapi tidak tersedia di Android atau sebaliknya. Jika pengguna bergantung pada aplikasi tertentu, maka dia harus mencari alternatif aplikasi yang serupa atau mencari cara untuk membawa aplikasi tersebut ke perangkat Android. Ini tentu bisa menjadi masalah besar bagi pengguna yang memerlukan aplikasi tersebut untuk pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

Untungnya, saat ini ada cara mudah untuk memindahkan data dari iPhone ke Android. Berikut adalah beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk memindahkan data dari iPhone ke Android tanpa perlu ribet atau memakan waktu yang lama.

1. Menggunakan Google Drive Backups


Berikut adalah cara mudah untuk memindahkan data dari iPhone ke Android, yaitu dengan menggunakan Google Drive yang mampu mencadangkan kontak, kalender, dan file media. Namun, proses ini memerlukan beberapa tahapan agar sukses.

1, Langkah pertama yaitu pastikan kedua ponsel dalam kondisi terisi daya dan dihidupkan. 
2. Selanjutnya, install Google Drive di iPhone dan masukkan akun Google yang akan digunakan untuk mencadangkan data dari iPhone. 
3. Kemudian, tekan tombol menu tiga baris, dan pilih “Pengaturan”, lalu “Cadangkan dan Reset”.
4. Setelah itu, pilih data yang ingin dicadangkan, lalu mulai proses pencadangan. Disarankan untuk mematikan iMessage dan Facetime agar tidak kehilangan pesan selama proses transfer data. 
5. Setelah proses pencadangan selesai, masuk ke akun Google yang sama pada ponsel Android dan pulihkan data yang telah dicadangkan dari Google Drive.

Petunjuk lengkap tentang cara memulai proses pemulihan biasanya akan tersedia selama persiapan tersebut. Jangan khawatir, proses ini cukup mudah dan tidak memerlukan banyak waktu jika diikuti dengan benar.

2. Memindahkan kontak


Setelah mencadangkan data ada hal penting lain yang perlu sobat lakukan yaitu memindahkan kontak, Terdapat 2 cara atau metode yang dapat sobat lakukan mentransfer kontak dari iPhone ke Android, yaitu menggunakan Google Kontak atau  mengimport kontak menggunakan file VCF. 

Menggunakan Google Kontak memungkinkan untuk menyinkronkan kontak dari iPhone ke akun Google yang digunakan, sementara cara manual akan menggunakan file VCF yang dapat dipindahkan ke perangkat Android. Dengan kedua cara ini, Anda tidak perlu memindahkan kontak dari iPhone ke Android satu persatu.
close