Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Ferrite Bread? Tabung Kecil Di Kabel Charger

Kebanyakan orang punya komputer pribadi portable yang dikenal dengan sebutan laptop. Penggunaannya lebih praktis ketimbang personal computer (PC). laptop dapat digunakan tanpa harus selalu terhubung dengan listrik, asalkan baterai masih terisi. Namun charger adalah komponen penting dari laptop yang juga harus dibawa ke mana-mana.

Nah jika kamu melihat pada kabel charger, umumnya terdapat sebuah tabung kecil (benjolan) yang posisinya mendekati ujung kabel yang menuju kontak ke laptopnya. tentu kamu sering melihatnya bukan? Tahukah kamu apa nama serta fungsinya?

Tabung kecil ini bernama Ferrite bead/ Ferrite core/ Feritte Choke. Nah.. Fungsi ferrite bead adalah untuk meredam Electromagnetic Interference (EMI). EMI adalah gelombang yang setiap saat melintas di dalam kabel ketika disambungkan dengan listrik yang dapat menyebabkan suara berisik, atau singkatnya merupakan noise, yang bisa menggangu perangkat lainnya, berikut ilustrasi kerja ferrite bread :


Sehingga dengan menggunakan Ferrite bead tidak terjadi pengurangan pasokan listrik pada pengisian listrik pada baterai ataupun menganggu perangkat lainnya di sekitarnya.

to close