3 Cara Ampuh Mengembalikan File yang Terhapus di Smartphone Android - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Ampuh Mengembalikan File yang Terhapus di Smartphone Android

Pernahkah sobat mengalami problem ketika sudah menghapus file di Smartphone namun ingin mengembalikannya kembali, dikarenakan merasa file yang dihapus tersebut masih diperlukan, atau  tidak sengaja menghapusnya, dan akhirnya bingung bagaimana cara mengembalikannya.
Untuk sobat yang mengalaminya tidak perlu bingung, karna ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus tadi, baik itu foto kenangan, video,  dokumen, atau file lainnya. 

Di artikel kali ini jufrika.com merangkum 3 cara mengembalikan file yang terhapus di smartphone yang bisa sobat coba satu persatu.



1. Mengecek Trash Bin


Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus adalah mengecek Trash bin. Untuk sobat yang menggunakan smartphone dengan Operating System Android saat ini atau yang terbaru, pastinya sudah dilengkapi fitur Trash Bin atau di komputer lebih dikenal dengan nama Recycle Bin.

Fitur ini cara kerjanya ialah seperti cara kerja tong sampah indoor, jadi baik video maupun foto yang sobat hapus tidak akan sepenuhnya hilang, melainkan berada sementara di folder sampah dalam waktu yang ditentukan. Nah sobat dapat memulihkan video maupun foto dari folder sampah tersebut.

Bagaiamana cara mengecek kembali folder Trash Bin di smartphone? sebagai contoh dari jufrika.com menggunakan ponsel Xiaomi,sobat dapat mengikuti caranya sebagai berikut :
  1. Buka aplikasi galeri kemudian buka tab album.
  2. Klik ikon more (tiga titik) yang berada di kiri atas maka akan muncul beberapa pilihan.
  3. Silahkan sobat pilih menu trash bin.
  4. Maka akan muncul semua file video maupun foto yang sudah sobat hapus.
  5. Jika sobat melihat/ menemukan foto yang akan dikembalikan, klik foto tersebut dan klik ikon recover.

2. Google Photos

Cara kedua yang dapat sobat coba lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus adalah  dengan aplikasi Google Photos. Google Photos adalah aplikasi yang wajib ada pada smartphone berbasis Android.

Nah biasanya beberapa tipe smartphone yang melakukan pencadangan otomatis ke Cloud Google Photos, maka sobat dapat memulihkan foto/ video yang terhapus tersebut melalui Aplikasi Google Photos.

Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Pada Smartphone Android atau tablet sobat buka Google Photos app .
  2. Klik Library Trash .
  3. Tekan dan tahan photo atau video yang ingin sobat kembalikan.
  4. Kemudian klik Restore. 

Photo atau video yang direstore akan kembali di gallery.

3. Menggunakan Aplikasi Recuva


Cara terakir yang dapat sobat lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus adalah menggunakan aplikasi Recuva, tentu bukan yang asing lagi jika sobat mendengar aplikasi Recuva, Aplikasi recuva sudah popular dahulu pada zaman orang masih menggunakan PC atau laptop untuk berkomunikasi, bersocial media dan bermain game.

Untuk menggunakan cara ini, sobat harus menggunakan laptop atau PC yang sudah terinstall aplikasi recuva, aplikasi recuva sudah jufrika.com sediakan pada link dibawah artikel ini.

Aplikasi Recuva ini terbukti mampu mengembalikan data yang hilang di smartphone Android sampai 75 persen, jika file tersebut benar benar masih dapat dikembalikan atau tidak rusak.

Cara menggunakan Aplikasi Recuva untuk mengembalikan file di Smartphone Android adalah sebagai berikut :

  1. Koneksikan Smartphone Android sobat ke PC dengan kabel USB.
  2. Pastikan memori Android sudah terdeteksi, jika belum terdeteksi, silahkan ubah pengaturan menjadi Use USB sebagai File Transfers (MTP)
  3. Buka aplikasi Recuva yang sudah terinstall di PC/ Laptop.
  4. Pilih jenis file yang ingin sobat kembalikan, misal JPEG, atau PNG, semakin spesifik maka semakin cepat file ditemukan, namun jika sobat malas bisa pilih All files untuk mengembalikan semua jenis file yang ada di SD Card.
  5. Pilih di drive mana lokasi file yang ingin dikembalikan. Pilih In a specific location dan memilih lokasi memori SD Card.
  6. Klik centang pada Enable Deep Scan, jika sobat ingin pencarian file yang lebih mendalam(namun memerlukan waktu yang lebih lama).
  7. Setelah itu Klik Start untuk memulai pencarian file yang terhapus. Kemudian tunggu sampai file yang terhapus ditemukan.
  8. Jika file yang terhapus telah ditemukan oleh Aplikasi Recuva, beri centang pada file yang ditemukan, kemudian klik kanan dan pilih menu Recover Checked.
  9. Lalu pilih di drive mana yang akan menyimpan file tersebut, misalnya di data, lalu klik OK.
  10. Setelah selesai pindahkan file yang sudah di simpan di PC tadi ke ponsel android.

Itulah beberapa 3 cara Ampuh yang dapat sobat coba lakukan ketika mengalami masalah file smartphone tidak sengaja terhapus. Untuk aplikasi Recuva sendiri bisa sobat download pada link dibawah ini :

close