Penyebab Mobil Brebet di RPM Terendah - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Mobil Brebet di RPM Terendah

Mobil sobat terasa tersendat atau bunyi brebet merupakan masalah yang terlihat sederhana. Namun jika dibiarkan masalahnya bisa semakin parah. Kenyamanan sobat dalammengendarai mobil menjadi terganggu, begitu juga dengan kenyamanan penumpang pasti menjadi was-was.

Jika mengendarai mobil dalam perjalanan jauh dan mobil keadaan seperti itu sobat harus segera mengetahui dan memperbaiki mobil sobat, Agar masalah tersebut tidak berlarut, dan perjalanan menjadi aman dan nyaman.

Pada dasarnya masalah dari RPM brebet adalah masalah pengapian mesin, ada masalah yang terjadi sehingga supply energi ke mesin utama menjadi terhambat dan tidak sempurna. Berikut masalah yang mungkin bisa sobat cek satu persatu ketika terjadi masalah RPM brebet :

1. Cek Bahan Bakar Apakah Mau Habis?


Penyebab pertama yang bisa sobat cek adalah apakah bahan bakar mau habis? Masalah ini terjadi karena human error alias kelupaan mengisi bensin, sobat dengan mudah sebenarya melihat bahan bakar dengan melihat indikator bensin. Namun pastikan indikator bensin masih normal ya sob agar bisa memastikan bensin sobat masih full atau habis.

2. Pompa Bahan Bakar Tersendat

Penyebab kedua yang bisa sobat cek adalah ketika ternyata sobat sudah mengisi bensin namun mobil masih ndut-ndutan adalah Fuel Pump ke mesin apakah bekerja? Cara mengeceknya cukup mudah, buka tubing aliran bensin ke mesin lalu taruk dalam penampang agar tidak berserakan lalu coba starter, pakah bensin keluar atau tidak?, Jika tidak maka sobat perlu mengecek Relay Fuel Pump atau Pompa Minyak apakah berfungsi atau tidak. 
 


Karna jika aliran minyak/bensin tidak mengalir ke mesin, maka tentu mesin tidak stabil dalam bekerja meggerakan piston pada mesin mobil.

3. Cek Seluruh Coil Busi Mobil Apakah ada yang rusak?

Penyebab ketiga yang umum terjadi membuat mobil brebet biasanya karena kondisi busi yang mulai rusak. Penggunaan busi mobil yang usianya sudah cukup lama harus sobat ganti agar tidak menyebabkan mobil tersendat-sendat ketika kamu menginjak pedal  gas. Karna fungsi busi adalah memberikan pengapian pada mesin yang sudah disirami bensin, jika salah satu busi mulai rusak maka meyebabkan pengapian tidak sempurna dan mobil akan tersendat brebet.


 

Bahkan ketika mebeli busi pun sobat harus tetap memperhatikan kualitasnya. Ketika busi sudah waktunya sobat ganti, maka segera ganti busi yang sesuai standar. Untuk pengguna mobil injeksi, sobat bisa menggunakan busi resistor yang memang sesuai untuk mobil dengan sistem injeksi.

4. Cek Kabel Busi apakah Putus?

Setelah mengecek busi mobil namun ternyata businya aman saja, coba cek apakah kabel busi putus, penyebab putus bisa jadi karna usia kabel yang sudah tua atau digigit oleh serangga. Karna percuma saja jika busi ternyata bagus namun tidak ada listrik yang mengaliri busi, maka busi mobil tidak akan bekerja sebagaimana standardnya.

5. Mesin Overheat

Penyebab mobil brebet terakhir juga bisa berasal dari mesin yang terlalu panas, mesin terlalu panas atau overheat dapat mengakibatkan kecepatan mobil menurun, sistem sensor medeteksi mesin terlalu panas maka akan auto menurunkan performa mesin agar mesin tidak meledak. Ketika kamu menginjak pedal gas, kamu akan merasa bahwa mobilmu tersendat-sendat. Masalah ini terletak di bagian radiator. Kemungkinan air radiator sudah habis. Maka dari itu, sobat harus mengisi air radiatornya.

close