Ciri ciri Panel Touchscreen LCD Smartphone Kamu Rusak - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri ciri Panel Touchscreen LCD Smartphone Kamu Rusak

Pada smartphone, teknologi layar sentuh merupakan teknologi yang sangat mendukung dan memudahkan pengguna menggunakan smatphonenya untuk keperluan sehari hari, seperti bermain games, chatingan, video call, memilih menu dan lain sebagainya.



Mungkin dikarenakan merupakan sesuatu yang sering disentuh pengguna, maka ada ada saja penyebab LCD dan touchscreen smartphone menjadi rusak dan harus mengganti dengan yang baru.

Namun apakah benar touchscreen LCD sobat rusak? apa saja ciri ciri LCD yang rusak?

Ada beberapa ciri-ciri yang mengindikasikan bahwa LCD smartphone rusak, dari rusak ringan hingga sangat parah.

Biasanya kerusakan terjadi akibat kelalaian pengguna sepetus terjatuh, masuk air, terlalu lama bermain games sehingga panas, otak atik sistem atau bahkan karena umur hp itu sendiri mulai menua.

1. Layar Smartphone Retak

Kerusakan LCD Retak terdapat patahan di kaca LCD dan kacanya masih menempel dengan baik namun tidak mempengaruhi fungsi, kerusakan ini tergolong ringan, dan bisa saja terjadi jika smartphone mendapatkan beban berat atau terjatuh.

2. Terdapat Garis dalam Layar LCD

Jika retak biasanya terdapat pada bagian kaca LCD, Jika garis terdapat pada bagian dalam LCD, biasanya terjadi diakibatkan salah satu panel layar mati/ short circuit, namun tidak mempegaruhi fungsi dari touchsceen, hanya visualnya saja yang tidak sedap dipandang mata, namun jika dibiarkan akan menyebar dan menjadi black spot.

3. Layar Smartphone Pecah

 Jika retak masih dapat dibilang kategori ringan jika pecah dapat dikatakan kerusakan cukup berat, dikarenakan kaca sudah pecah dan iasanya kaca terkelupas akan menyulitkan sobat untuk menggunakan smartphone untuk keperluan sehari hari, ciri ciri pecah yaitu retakannya cukup banyak dan menutup visual dari smartphone itu sendiri.

4. Terdapat Spot Hitam / Black spot

Jika garis terlalu banyak akan mengakibatkan lcd lama kelamaan menjadi mati sebagian atau black spot dibeberapa bagian, jika tanda tanda ini muncul segera ganti LCD sobat.

5. Layar No Display

LCD sama sekali tidak menampilkan gambar apapun alias ngeblank, namun ketika sobat menekan tombol power smartphone tetap akan bergetar.

6. Layar HP Tidak Bisa Disentuh
 Ciri cirinya mudah yaitu LCD tetap menampilkan display menu / aplikasi namun ketika sobat mengklik menu apapun, ataupun menscrool menu maka tidak ada yang terjadi selain diam.

7. Touchscreen Tidak Sensitif

 Ciri ciri kerusakannya adalah sobat ibsa mengklik menu ataupun aplikasi namun mengklik dengan tenaga extra, hal ini bisa saja terjadi firmware android perlu mendapatkan update atau bisa saja sensitifitas dari touchscreen mulai rusak.

8. Layar Burn-in

Penyakit LCD dengan kualitas terbaru kini adalah LCD burn in, yaitu dimana LCD dapat berfungsi dengan normal namun terdapat bayang bayang dibelakang aplikasi, burn in ringan biasa aplikasi yang sudah terbuka sebelumnya kemudian sobat membuka aplikasi lainnya akan terlihat, jika sudah parah maka lama lama akan berwarna kuning ataupun biru tak teratur atau bahkan seluruh layar.

9. Ghost Touch

Pernah tiba tiba menu terbuka namun sobat tidak menyentuhnya? itulah ciri dari ghost touch, smartphone sobat terkadang bisa membuka menu atau aplikasi namun tidak ada yang menyentuh ataupun meremote smartphone sobat.

Apa perbedaan Kerusakan LCD Dan Touchscreen?

Dari ciri- ciri diatas dapat disimpulkan kerusakan LCD bisa langsung dapat dilihat oleh mata seperti retak, no display, burn-in, dsb.

Sedangkan untuk kerusakan Touchscreen biasanya  Seperti Ghost Touch atau layar tidak sensitif, bisa berasal dari kualitas touchscreen, atau kalibrasi yang tidak baik, atau kerusakan komponen, bahkan kesalahan sistem.

Bagaimana Cara Memperbaiki LCD / Touchscreen yang rusak?

Untuk memperbaiki nya yang paling mudah ialah menggantinya dengan yang baru, tentu setelah sobat yakin bahwa LCD/Touchscreen sobat benar benar rusak, namun jika kurang sensitif terkadang masih bisa diperbaiki dengan melakukan factory reset.

close