Apa itu LCD dan apa saja Jenis Jenis LCD Smartphone? - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu LCD dan apa saja Jenis Jenis LCD Smartphone?

Apa itu LCD? - LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display. Liquid Crystal Display selanjutnya yang biasa disebut LCD merupakan salah satu dari tipe layar yang banyak dipakai di perangkat elektronik terkini, seperti TV, Layar Komputer dan Smartphone.

Namun apakah sobat mengetahui jenis apa LCD yang dipakai atau sobat gunakan di daily activities sobat?  apa saja perbedaannya? mana yang lebih bagus? Banyak yang bilang AMOLED lebih bagus ketimbang IPS, apakah itu benar?



Untuk mengetahuinya sobat bisa baca jenis jenis LCD dibawah ini :

1. TFT LCD (Thin Film Transistor LCD)



seperti biasa awal perkembangan teknologi dimulai dari sebuah transistor, TFT LCD menggunakan Transistor Film Tipis untuk memproduksi jutaan pixel warna, dalam pengembangannya TFT LCD menghasilkan warna dengan sistem addressability dan kontras yang diproyeksikan ke lapisan kristal cair untuk bisa menampilkan warna hingga menjadi gambar. kelebihan TFT dari segi produksi lebih murah, namun dari segi pemakaian kurang ramah konsumsi daya/ electric dan kualitas gambar yang dihasilkan masih belum bagus.

2. IPS LCD (In Place Switching)



Setelah TFT muncul jenis IPS LCD yang sampai saat ini masih banyak digunakan oleh pengguna smartphone brand asal tiongkok. IPS LCD merupakan pengembangan dari TFT LCD, dimana sistem kerjanya hampir sama dengan TFT namun memiliki filter kontrol, dimana cahaya yang lewat LCD dikontrol oleh filter horizontal dan vertikal yang ada disisi susunan kristal, Sehingga dapat menghasilkan sudut pandang yang lebih luas dan kualitas layar lebih baik dari pada TFT, Bahkan konsumsi daya lebih kecil daripada TFT, namun biaya produksi sedikit lebih mahal dari pada TFT.

3. OLED (Organic Light Emitting Diode)



 OLED merupakan tekonologi yang mutakhir dibandingkan dengan TFT dan IPS LCD, dikarenakan tidak lagi menggunakan teknologi Liquid Crystal, namun hanya menggunakan LED Organic, atau lebih rincinya lapisannya mengandung oksida timah-indium yang berfungsi sebagai elektrode positif atau anode dan lapisan elektrode negatif atau katode terbuat dari campuran logam magnesium dan perak, karna terbuat dari Organic LED lah OLED mampu menghasilkan layar yang lebih tipis dari pada teknologi IPS yang cukup tebal, bahkan dari segi warna lebih berwarna dari pada teknologi IPS, karna mampu warna hitam yang 100% hitam dan putih 100% putih, dan respon jika touch screen menggunakan OLED lebih baik dari pada penggunaan LCD baik IPS dan TFT, namun kekurangannya jika terkena cahaya matahari tidak bisa menampilkan warna dengan sempurna.

4. AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode)



AMOLED adalah perkembangan dari OLED dimana sistem LED nya sedikit berubah menggunakan Active Matrix sehingga selain memiliki kebihan warna yang dihasilkan baik, konsumsi daya rendah, responsif, juga tetap dapat menampilkan gambar dengan baik dibawah paparan sinar matahari, namun kekurangannya dari jenis LCD dan LED yang sebelum sebelumnya adalah biaya produksi yang masih cukup mahal

Jadi sudah pahamkan sobat apa itu LCD dan jenis jenis perkembangan LCD dari masa ke masa hingga LCD yang populer saat ini digunakan banyak perangkat berlayar seperti TV dan Smartphone.
close