Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen Aktif dan Pasif Elektronika

Komponen Aktif dan Pasif elektronika merupakan pelajaran atau ilmu dasar yang harus dimiliki dan dikuasai seorang yang berkutik di dunia elektronika atau elektro arus kecil, baik itu pelajar dan pekerja sudah hal pasti akan perlu tau hal ini, bahkan jika sobat ingin melamar pekerjaan yang membutuhkan requirement basic elektronics sudah hal pasti akan ditanyakan hal ini.




Apa itu komponen Aktif?

Komponen elektronika aktif merupakan jenis komponen elektronika yang memerlukan arus eksternal untuk dapat beroperasi. Dengan kata lain, komponen elektronika aktif hanya dapat berfungsi apabila mendapatkan sumber arus listrik dari luar (eksternal).
Apa itu komponen Pasif?

Komponen elektronika pasif merupakan jenis komponen elektronika yang tidak memerlukan arus eksternal untuk dapat beroperasi. Dengan kata lain, komponen elektronika pasif  dapat berfungsi walaupun tidak mendapatkan sumber arus listrik dari luar.

Apa saja Contoh Komponen Aktif?

1. IC
2. Transistor
3. Dioda
4. LED

Apa saja Contoh Komponen Pasif?

1. Resistor
2. Kapasitor
3. Induktor
4. Thermistor
5. Saklar

Kenapa IC diklarifikasikan sebagai komponen Aktif? karna karakteristiknya yang akan aktif jika sudah diberi arus, jika tidak diberi arus maka IC manapun tidak akan berfungsi.
Kenapa Resistor diklarifikan sebagai komponen Pasif? karena karateristiknya yang walaupun tidak diberi arus nilai hambatan tidak akan berubah dan bisa sobat ukur langsung dengan alat ukur.

Untuk menambah ilmu sobat coba sebutkan kenapa dioda disebut komponen aktif?


to close