Mengetahui Tipe Data Pada Arduino dan Contohnya - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Tipe Data Pada Arduino dan Contohnya

Pada arduino pembrograman yang dikenal yaitu bahasa C, adapun beberapa tipe data yang dikenal hamper sama dengan bahasa C sendiri, yaitu Integer, float, Boolean, double, byte dll. Berikut beberapa perbedaan antara tipe data tersebut yang sering digunakan untuk programmer pemula.


Tipe data Arduino 


Boolean 

Pada tipe data boolean hanya memiliki 2 data yaitu benar (true) dan salah (false) dan hanya menggunakan 1 byte memori Arduino. Dimana contoh penggunaannya sangat dibutuhkan untuk keluar dan masuk dari sebuah kondisi.


Contoh penggunaan :

if (check==true)
{ voidAjalan(); }
atau sebaliknya

Integer
Integer adalah tipe data yang itama untuk menyimpan nilai bilangan bulat TANPA KOMA. Penyimpanan integer sebesar 1-bit dengan range 32.767 sampai -32.768.
Contoh 

int A=2; //artinya bilangan A bernilai bilangan bulat 2

Float
Float adalah tipe data yang dapat menampung nilai decimal, float merupakan penyimpanan yang lebih besar dari integer dan dapat menyimpan sebesar 32-bit dengan range 3.4028235E+38 sampai -3.4028235E+38


Array
Array merupakan kumpulan nilai, yang dapat bias di akses dengan index number, nilai yang terdapat dalam array dapat dipanggil dengan cara menuliskan nama array[nomor indeks].

Array dengan index 0 merupakan nilai pertama dari array. Array perlu di dekarasikan dan kalau perlu di beri nilai sebelum di gunakan. Dari penggunaan array biasa digunakan untuk memparsing data.

Format penggunaan Array :

int arraysName[] ={nilai0,nilai1,nilai2…}

Contoh penggunaan Array :
int NamaArray[]={1,3,6,8}
int X = NamaArray[2];
Serial.println(X); //maka akan ditampilkan nilai 6 karna indeks dimulai dari 0,1,2,3
String
String merupakan tipe data yang berisi kumpulan karakter alfanumerik, bisa berupa angka, huruf maupun karakter khusus(*,@,#,dst).


Long

Merupakan ukurang untuk long integer dengan range -2.147.483.648 hingga 2.147.483.647 penggunaannya biasa digunakan dalam penggunaan timer.

Contoh :
long interval=1000000;

const (anta)

Konstanta merupakan nilai suatu besaran yang tidak berubah besarnya atau memiliki nilai yang tetap. Dalam pemograman arduino ditulis dengan kata “const” yang artinya konstanta, biasa digunakan dalam awal pendeklarasian pin yang tidak berubah-ubah, dan ini sebenarnya bukan tipe data namun setidaknya sobat paham penggunaanya sangat berguna.

Contoh :
const int PIN1=A1;
const int PIN2=A2;
close