Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Jenis Pergerakan Mobile Robot (Robot Beroda)

Jufrika Blog -Ada 4 Jenis robot yang dikembangkan saat ini,  salah satu jenis robot yang selalu dikembangkan saat ini adalah robot beroda, dimana memanfaatkan roda sebagai penggerak utama dari robot itu sendiri.

Khusus untuk mobile robot atau robot beroda memiliki jenis jenis pergerakan tersendiri, diantaranya :

  1. Differential drive
  2. Tricyle drive
  3. Syncronous drive
  4. Holonomic drive
Apa arti dari istilah istilah diatas? Berikut Jufrika Blog jelaskan :


Differential drive
Ciri ciri robot yang menggunakan sistem gerak Differential drive terdiri dari dua buah roda yang berpasangan pada kiri dan kanan robot, perhatikan gambar dibawah ini.



Dimana dengan sistem Differential drive memunginkan jenis robot beroda ini berputar ditempat dengan cara memutar aktuator dengan arah berlawanan satu sama lain.

----
Tricyle drive
Tricyle drive merupakan sistem gerak dengan tiga buah roda. Dimana 2 roda dengan satu poros dihubungkan pada sebuah motor penggerak, sedangkan 1 roda (biasanya di depan) sebagai kemudi yang dapat berputar (setir kemudi), ketika berbelok akan didapatkan radius sepanjang titik pertemuan antara roda depan dengan roda belakang, perhatikan gambar dibawah ini.
Simulasi pergerakan Tricycle 

Untuk lebih dapat memahami contoh sistem gerak ini pada kehidupan sehari-hari adalah alat transportasi becak dan bajai. 


Syncronous drive 
Syncronous drive adalah sistem yang menggunakan semua roda yang terdapat pada robot untuk dapat bergerak. Pada saat robot berjalan pada permukaan yang tidak rata, maka roda yang berpengaruh pada ketidakrataan permukaan akan didukung oleh roda yang tidak terpengaruh, sehingga roda dapat bergerak dengan arah yang tetap. Perhatikan gambar dibawah ini. Contoh sistem gerak ini pada kehidupan sehari-hari adala pada roda trolly pasar swalayan.



Dan jenis robot yang biasa digunakan adalah mecanum robot.

Holonomic drive
Holonomic drive adalah sistem gerak yang memungkinkan robot bergerak ke segala arah (dengan menggunakan roda omni-directional), perhatikan gambar dibawah ini. Konfigurasi ini memungkinkan gerakan rotasi dan translasi pada mobile robot.

Simulasi Gambar Holonomic Drive



close