Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Fungsi Wi Fi di Smartphone yang tersembunyi !

Jufrika Blog - 5 Fungsi Wi-fi di smartphone yang belum diketahui banyak orang, Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, keberadaan Wi-fi tentu bukanlah hal yang mewah. Beragam perangkat seperti smartphone, televisi, hingga kamera kini sudah punya teknologi Wi-fi.




Penggunaan Wi-fi tentu menjadi primadona bagi siapapun. Karena selain dapat mengganti keberadaan kabel, ternyata fungsi-fungsi yang ada pada teknologi Wi-fi juga dianggap sangat membantu terutama dalam akses internet.

Namun sayangnya ternyata banyak orang hanya mengetahui bahwa Wi-fi selalu identik dengan terkoneksi ke internet. Padahal selain itu, ada lagi fungsi Wi-fi khususnya di smartphone yang ternyata jarang digunakan.

1. Mengubah menjadi modem portable


Kalau yang satu ini mungkin sobat sudah pada tahu. Yap, selain untuk berinternet ria, dengan menggunakan kemampuan tethering, smartphone sobat bisa diubah menjadi pemancar sinyal atau modem Wi-fi. Namun yang mesti diingat, penggunaan tethering secara terus menerus dapat membuat baterai smartphone boros. Gunakan dengan bijak ya...

BACA : Cara Membuat Smartphone Menjadi Mouse dan Keyboard Portable

2. Mengubah smartphone menjadi keyboard atau mouse
Betulan loh ini sobat nggak salah dengar. Smartphone yang sedang sobat genggam sekarang ini bisa disulap jadi keyboard atau mouse darurat. Lalu gimana caranya? sobat tinggal memasang aplikasi remote yang banyak bertebaran di Play Store seperti Intel Remote Keyboard, ASUS RemoteLink. Dengan terhubung ke Wi-fi yang sama, sobat bisa mengubah smartphone jadi mouse dan keyboard.

3. Screen mirroring
Fungsi lainnya dari Wi-fi smartphone adalah sobat bisa membuat apa yang ada di smartphone sobat tampil di layar laptop atau monitor televisi pintar. Dengan begini sobat bisa membuat presentasi cukup dari smartphone sobat. Caranya sobat cuma butuh aplikasi mirroring seperti Cubetto, Pushbullet, atau AirDroid yang banyak bertebaran di app store.

4. Transfer file dari dan ke laptop atau komputer PC
Hasil gambar untuk share it lenovo app

Hanya dengan memanfaatkan fasilitas Wi-fi, sobat bisa dengan mudah dan cepat mentransfer file-file penting dari smartphone sobat ke laptop ataupun sebaliknya. Caranya, cukup pasang aplikasi transfer file seperti ShareIt, dan abrakadabra! Sobat kini nggak perlu repot-repot colok sana colok sini buat transfer data di laptop sobat, bahkan tidak perlu risau dengan kecepatan transfer yang lemot.

5. Terhubung dengan perangkat lainnya

Hasil gambar untuk xiaomi band connect to xiaomi
Namanya ponsel pintar, tentu bisa berinteraksi dengan perangkat lain yang nggak kalah canggih. Caranya tentu dengan menggunakan teknologi Wi-fi. Perangkat seperti smartwatch, smart TV, smart band hingga kamera mirrorless bisa dengan mudah terhubung dengan smartphone sobat. Caranya sobat tinggal menginstall aplikasi bawaan yang ada pada perangkat tersebut di smartphone sobat.

Sumber : briliodotnet
Edit oleh JufrikaBlog.com
to close