Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Tau Asal Mula Nama Bluetooth?

Pernahkah sobat bertanya apa sebenarnya sejarah dari nama Bluetooth itu sendiri? Kenapa namanya diberi gigi biru (jika di artikan), ternyata nama 'Bluetooth' tersebut berasal dari nama raja di akhir abad sepuluh, Harald Blatand yang di Inggris juga dijuluki Harald Bluetooth.


Konotasi demikian karena menurut cerita Harald Bluetooth konon berambut dan berkulit gelap. Ia gemar makan blueberries atau arbei, maka layak bila gigi Blatand menjadi kebiru-biruan atau blue tooth.



Ia adalah raja Denmark yang telah berhasil menyatukan suku-suku yang sebelumnya berperang, termasuk suku dari wilayah yang sekarang bernama Norwegia dan Swedia. Bahkan wilayah scania di Swedia, tempat teknologi bluetooth ini ditemukan juga termasuk daerah kekuasaannya.

Kemampuan raja itu sebagai pemersatu juga mirip dengan teknologi bluetooth sekarang yang bisa menghubungkan berbagai peralatan seperti komputer personal dan telepon genggam. Yang mana teknologi Bluetooth pertama diterapkan oleh Ericsson pada tahun 1994 dan perusahaan tersebut berbasis di Swedia.

H + B

Sedangkan logo bluetooth berasal dari penyatuan dua huruf Jerman yang analog dengan huruf H dan B (singkatan dari Harald Bluetooth), yaitu H (Hagall) dan B (Blatand) yang kemudian digabungkan.

Sumber : Web


to close