Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Tidak Bisa UNINSTALL Dua Aplikasi Bersamaan Di Windows?


Apakah pernah terpikirkan oleh sobat, kenapa ketika mecoba meng-uninstall suatu aplikasi di Windows (terutama yang berukuran besar), jarang sekali atau bahkan tidak bisa dilakukan oleh dua aplikasi atau lebih secara bersamaan, terutama ketika menuninstall lewat Control Panel.




Ternyata tindakan ini adalah langkah cerdas Microsoft Windows untuk tindakan penagamanan. Sebenarnya, perlakuan ini khusus disematkan ke setiap paket instalasi yang berformat Windows Installer atau .msi, Namun perlakuan hanya bisa mengunsinstall Aplikasi secara bersamaan juga diterapkan lewat control panel (Control Panel\Programs\Programs and Features).

APLIKASI AKAN ERROR

Respon : wait until finished

Tujuannya yaitu agar antara satu uninstaller dengan yang lain tidak menghapus suatu file yang digunakan secara bersamaan (shared files) sehingga menimbulkan tabrakan.

Terlebih format installer .msi juga dapat dikatakan lambat dikarenakan di desain khusus mampu membuat track(history) dan file rollback, agar ketika terjadi error saat install atau uninstall maka file installer tersebut akan me-rollback segala proses ekstrak file installer.

Sehingga file yang sudah dipasang atau dihapus dapat otomatis dikembalikan seperti semula. Itulah mengapa kita tidak bisa melakukan uninstall secara bersamaan untuk menjaga file dapat di-rollback dengan sukses apabila suatu saat terjadi error.

ANTIVIRUS TIDAK BISA BERKERJA
Windows Defender Turn Off

Alasan yang sama diberikan mengapa sobat tidak dianjurkan untuk menginstal lebih dari satu aplikasi antivirus terutama dalam satu Windows. Yaitu ketika muncul suatu ancaman, baik virus ataupun semacamnya, tidak terjadi tabrakan antara satu antivirus dengan yang lain, sehingga menyebabkan salah satu antivirus crash atau berhenti bekerja.

Terlebih jika sobat menggunakan Windows Defender maka Windows Defender akan otomatis mati ketika sobat menginstall aplikasi Anti virus lain.

 
to close