Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Numerik Adalah




Ada dua jenis metode atau penyelesaian masalah (dalam Persoalan yang melibatkan model matematika di berbagai disiplin ilmu pengetahuan) yaitu menggunakan metode Analitik dan Metode Numerik ,Dimana  Sering model matematika tersebut rumit dan tidak dapat diselesaikan dengan metode analitik, Namun sebenarnya apa metode Analitik & Metode Numerik itu?

Metode Analitik
Metode Analitik adalah metode penyelesaian model matematika dengan rumus-rumus aljabar yang sudah lazim. Seperti yang sudah lama kita pelajari dari bangku SD Hingga SMK/SMA. Namun kenyataanya Metode Analitik ini sukar sekali untuk diterapkan di dunia nyata , walau ada yang mampu diselesaikan dengan metode analitik namun hanya sedikit .Maka itu dari SD hingga SMA/SMK mungkin ada yang mengganggap untuk apa sih belajar matematika toh di dunia kerja tidak digunakan.

Metode Numerik
kenyataan persoalan matematis banyak yang rumit, sehingga tidak dapat diselesaikan dengan metode analitik. Maka itu timbullah Metode Numerik atau metode pendekatan karena Kalau metode analitik tidak dapat diterapkan, maka solusi dapat dicari dengan metode numerik.
Metode Numerik adalah teknik yang digunakan untuk memformulasikan persoalan matematika sehingga dapat dipecahkan dengan operasi perhitungan biasa (+, - , / , *)
Sebagai contoh kecil 


Dimana dilihat dari error(Selisih Beda Antara Metode Analitik dan Numerik) dari metode numerik diatas hamper mendekati nilai dari hasil metode analitik sob.
Quote
Ingat banyak Jalan Menuju Roma Banyak Cara Menyelesaikan Masalah , Jangan Risau, Jangan Resah Sob :D )