Apa itu Sistem Embedded? - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Sistem Embedded?



Hai sobat jufrikablog kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu tentang salah satu mata perkuliahan saya yaitu system embedded,( anak elektronika biasa mendapatkan makul ini :D)


Apa itu sistem embedded?

intinya Embedded System (Sistem Tertanam) adalah suatu sistem komputer yang didesain untuk menangani pekerjaan/ tujuan spesifik.

Maksudnya? 

Embedded System hanya mampu melakukan suatu mekanisme untuk tujuan tertentu sesuai dengan kemampuan perangkat dimana Embedded System itu terinstall.(Special Purpose)
Misal Ketika sobat memprogram suatu arduino untuk  bisa melakukan suatu tugas tertentu misal membaca nilai analog dan menampilkan nilai analog tersebut di lcd display. atau kita ambil contoh lain kalkulator yang hanya bisa menghitung, dvd player ,yang hanya bisa memutar dvd, namun semua itu tertanam didalam chip.

Jadi kalau komputer / laptop gimana itu embedded system juga?

Komputer itu tidaklah embedded system. Mengapa? karena dia general purpose bisa melakukan berbagai kegiatan sob , main game , music , buat dokumen edit foto dan lainnya. Perbedaan lain antara general purpose system dengan Embedded System adalah banyak tidaknya interface. Embedded system umunya tidak memiliki interface. Kalaupun ada, sangat terbatas. Hal ini berbeda dengan general purpose computer yang memiliki banyak interface. Hal ini desebabkan oleh tugas yang dijalankan oleh embedded system tidak terlalu rumit dan kebanyakan tugasnya tidak memerlukan interrupt berlebihann dari user. Kita ambil contoh untuk embedded system dalam lift. Tugas – tugas lift yang bisa kita “ikut campur” di dalamnya hanya membuka dan menutup pintu serta nomor lantai. Tentu saja interface yang disediakan hanyalah beberapa tombol input dan terkadang LCD sebagai indikator lantai. Kita tidak bisa mengatur kecepatan lift, gerakan, menambah musik dll dengan input yang lebih kompleks seperti keyboard dan mouse.


Mudah mudah ngerti deh hehe...
close