Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Arduino Uno dan Nano

Apa bedanya antara Arduino Uno R3 dengan Arduino Nano? atau jenis arduino lainnya. Pertanyaan ini seringkali timbul untuk yang mulai terjun ke mikrokontroler Arduino. Bagi sobat yang ingin membeli Arduino pertama anda, tentunya anda tidak hanya ingin mendapatkan yang terbaik, namun juga efisien, efektif dan tepat guna sesuai kebutuhan. Nah kali ini jufrikablog akan membahas perbedaan Antara Arduino Uno dan Nano yang semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk sobat yang sedang bingung :D

Spesifikasi Uno R3 vs Nano

Secara UMUM
Dilihat dari tabel spesifikasi maka tidak ada perbedaan mencolok selain tegangan input (Vin) yang dilengkapi jack DC (untuk uno) dan nano tidak . Namun secara dimensi dan berat nano memiliki keuntungan sangat signifikan. Dan perbedaan tipis arus DC I/O yang mampu di proses di masing masing board.

Tegangan Input
Untuk arduino uno tentu tidak ada kesulitan jika ingin melakukan eksperimen tanpa kabel USB ,karena sudah dilengkapi jack DC yang langsung bisa dikoneksikan ke tegangan sumber, namun bagaimana dengan nano? (solusi)
konfigurasi arduino nano 3

Arduino Nano dapat menggunakan catudaya langsung dari mini-USB port atau menggunakan catudaya luar yang dapat diberikan pada pin30 (+) dan pin29 (-) untuk tegangan kerja 7 – 12 V atau pin 28(+) dan pin 29(-) untuk tegangan 5V. 


Sekian dulu dari jufrikablog semoga postingan kali ini bermanfaat :D amiin.

Sumber referensi:
http://ecadio.com/beda-dan-perbandingan-arduino-uno-dengan-nano-pro-mini-mega-2560
http://s3.photobucket.com/user/oozi/media/powercircuit_zpsb3eb6640.jpg.html
https://djukarna4arduino.wordpress.com/2015/01/19/arduino-nano/



to close