Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Sebenarnya Refresh pada Desktop Windows Apa?



JufrikaBlog. Sobat mungkin sebagian atau hampir semua pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi Windows sering melakukan Klik Kanan > Refresh pada Desktop atau menggunakan tombol shortcut-nya pada keyboard yaitu tombol fungsi F5.

Betul kan sobat jufrikablog? mungkin karena tidak tahu alasan sebenarnya mengapa menekan tombol ini.

Parahnya lagi, yang memiliki alasan kuat mengapa menekan tombol ini justru meyakini mitos yang salah tentang fungsi tombol refresh tersebut.

Perlu diketahui fungsi sebenarnya tombol refresh pada desktop tidak sama dengan refresh atau reload page pada browser. Kadang karena gangguan koneksi internet atau lalu lintas internet sedang padat atau halaman yang kita buka tidak terbuka secara sempurna.

Fungsi refresh pada browser ini adalah untuk memuat kembali halaman yang gagal dimuat sebelumnya. Sedangkan, refresh pada desktop memiliki fungsi yang berbeda dengan tombol refresh yang terdapat di dalam browser.

JADI... Fungsi Tombol Refresh Desktop yang Sebenarnya APA??


Refresh desktop sebenarnya digunakan untuk memperbaharui tampilan atau memuat kembali tampilan yang ada di desktop setelah terjadi suatu perubahan.

Refresh desktop tidak berfungsi untuk memperbaharui kembali kondisi RAM, dan tidak membersihkan computer. Oleh karena itu refresh desktop juga tidak menyumbangkan peningkatan performa apa pun pada kinerja komputer.

Untuk lebih memudahkan sobat dalam memahami penjelasan fungsi tombol refresh desktop ini, maka perhatikan ilustrasi berikut.

Kadangkala bila sobat melakukan perubahan pada shortcut di desktop, perubahan tersebut tidak ditampilkan secara instan.
 Pada kasus ini, barulah sobat perlu untuk melakukan refresh pada desktop sobat untuk menampilkan perubahan yang telah dilakukan di desktop.

Contohnya, sobat telah mengatur shortcut di desktop agar namanya sesuai dengan urutan abjad. Saat sobat menambahkan shortcut baru pada desktop, shortcut baru tersebut tidak akan langsung tersortir sesuai urutan abjad, tetapi akan berada di bagian paling bawah daftar shortcut.

Jika sobat menekan tombol refresh desktop, semua shortcut akan diatur ulang kembali dan shortcut yang baru tersebut akan menempati posisinya sesuai abjadnya. Ini adalah fungsi tombol refresh desktop yang sebenarnya. Selain itu, refresh juga punya fungsi yang sama pada Windows Explorer.

Jadi, bila sobat punya kebiasaan melakukan refresh pada desktop sobat berkali-kali tanpa mengetahui maksud dan fungsi sebenarnya tombol ini, maka kini hentikan itu karna sobat hanya membuang waktu dan perhatian sobat untuk melakukan pekerjaan yang sebenarnya sia sia.