Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Melepas Baterai Pada Laptop

JufrikaBlog. Hai sobat jufrikablog, Apa kabar hari ini? Mungkin sobat jufrikablog pasti pernah berfikir ketika bermain laptop dengan penggunaan 2 jam lebih, sebaiknya melepas baterai laptop atau biarkan terpasang dan tetap bermain laptop ? atau charger hingga penuh baru bermain lagi? Sudah bingung sobat? langsung saja berikut ulasan lengkapnya.

Laptop terdahulu tentu berbeda dengan laptop keluaran sekarang maupun keluaran terbaru (khususnya dalam pengunaan baterai).

Dahulu banyak sekali laptop dengan charger yang tidak stabil output tegangannya sehingga dapat cepat merusak hardware computer.

Pada laptop keluaran terbaru untuk semua vendor/perusahaan yang memproduksi laptop kini charger dilengkapi dengan sakering relay pembatas arus yang masuk/ semcam pendeteksi arus di latop sudah penuh atau belum.
 
TIPS MENGHEMAT BATERAI LAPTOP

Sehingga tingkat keamanan melepas batrai dan laptop langsung menggunakan charger lebih baik daripada laptop keluaran lama.

Namun terlepas dari itu semua dalam penggunaan laptop berjam jam lebih baik melepas batrai laptop atau tidak?. Maka sebaiknya biarkan baterai laptop tetap terpasang. Alasannya sebagai berikut :

  • Apabila melepas baterai dan hanya menggunakan charger maka apabila lampu padam mendadak maka akan menimbulkan kejutan listrik yang dapat merusak hardware (mainboard).

  • Apabila melepas baterai dan hanya menggunakan charger maka apabila anda sedang mengerjakan tugas dan lampu tiba tiba mati maka tetnunya data anda yang belum tersave otomatis akan lose.
  • Apabila melepas baterai dan hanya menggunakan charger maka perlahan lahan hardware laptop anda akan cepat rusak, dan biaya sevice laptop lebih mahal daripada mengganti baterai. 

Untuk itu jufrikablog menyarakan agar sobat tetap menggunakan baterai latop dalam keadaan apapun karena baterai perlahan lahan memang performanya akan menurun dan sobat hanya perlu mengganti baterainya saja.

Tentu ini lebih baik dibandingkan dengan sobat membeli laptop baru karena sering melepas baterai laptop ketika bermain berjam jam di depan laptop.

Adakah yang setuju?

Sekian dan terimakasih sudah membaca sobat jufrikablog, Nantikan ulasan seputar Komputer menarik lainnya hanya di JufrikaBlog.