Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkaian Driver Motor DC dengan ic L293D


Jufrikablog para Eletronika sejati , kali ini akan membagikan bagaiamana rangkaian driver motor dc yang sering digunakan sebagai ic driver di rangkaian microcontroller, biasanya naka robotika sudah sangat mengenal IC satu ini .
Contohnya seperti driver robot line follower ataupun cop copter.membuat driver dengan menggunakan ic ini cukup simple karena hanya membutuhkan 1 ic saja untuk 2 motor dc. Langsung saja berikut rangakaiannya.

Sebelum membuat rangkaian driver dengan i l293d maka alangkah baiknya sobat jufrikablog mengetahui konfigurasi tiap tiap kaki ic l293d pada konfigurasi pin micro yang kita gunakan.

Rangkaian L293 Konfigurasi ke Motor




Dari gambar diatas  pin IN1(pin 0 dan pin 1) dan IN2 ( pin 2 dan pin 3) digunakan sebagai input logika untuk mengatur putaran motor DC dan dapat juga digunakan untuk memberhentikan motor DC secara cepat (fast motor stop). Untuk lebih jelas tentang pin IN1 dan IN2 dapat dilihat pada tabel berikut.

IN1IN2Kondisi Motor
00fast motor stop
01putar searah jarum jam
10putar berlawanan arah jarum jam
11fast motor stop


Seiring perkembangan zaman rangakain dasar l293 ini sudah banak yang mengemasanya dalam bentuk driver module, contohnya seperti gambar berikut :




Dimana bisa di hubungkan dengan mikrokroller dengan mudah, salah satu aplikasinya untuk membuat robot dua roda (2WD) yang akan jufrikablog bahas secara lengkap DISINI [ COMING SOON]

Sekian artikel tentang "Rangkaian Driver Motor DC dengan ic L293D" semoga bermanfaat. jangan lupa nantikan artikel pembelajaran seputar Elektronika lainnya hanya di JufrikaBlog.
to close