Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program PLC menggunakan Gerbang Logika



Untuk semakin memahami PLC maka yang kita butuhkan adalah latihan membuat ladder diagram yang mana softwarenya adalah ldmicro. Baiklah langsung saja kita mulai latihannya dengan membuat gerbang logika terlebih dahulu.
Apa itu gerbang logika?

Dilansir Wikipedia
Gerbang Logika (Logic Gate) merupakan suatu entitas dalam elektronika dan matematika Boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logika. Yang biasanya dipelajari dalam sistem digital.© (hanya mengenal 0 atau 1 ,hidup atau mati).Yang mana gerbang logika itu ada AND, OR, NOT, EXOR Dll.



A. Gebang AND

Gerbang AND memiliki tabel kebenaran sebagai berikut:
Dari tabel diatas maka dapat kita ketahui bahwa logika and dapat bernilai 1 apabila semua inputnya 1.

Berikut gambar Ladder Diagramnya :



dalam ladder diagram tersebut terdiri dari 2 input(coil dalam bahasa plc) dan 1 output. yang mana output itu akan aktif jika kedua coil bernilai 1.

B. Gerbang OR

Gerbang OR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang OR mempunyai sifat bila salah satu dari sinyal masukan tinggi (1), maka sinyal keluaran akan menjadi tinggi (1) juga.



Nah pada ladder diagram maka dapat memberikan input coil secara pararel dengan 1 output. Seperti ini:



C. Gerbang NOT

Gerbang Not memilik 1 input dan 1 output yang mana jika inputnya 1 maka outputnya akan 0 dan jika inputnya 0 maka outputnya 1.
Dalam membuat gerbang logika not ini karna logikanya nilai output akan berbanding terbalik dengan input maka coilnya harus menjadi normally close(atau normalnya tertutup) cara mengubahnya cukup sederhana dengan hanya mengklik 2 kali coil lalu centang I/I Negated.

Atau Outputnya dibuat menjadi negated seperti gambar dibawah ini:


D. Gerbang NAND



gerbang Logika NAND adalah gerbang logika AND yang di NOT kan. jadi semua hasil dari gerbang logika and di balikkan.


E. Gebang NOR

yaitu gerbang or yang outputnya diberi not. Atau di PLC di negated kan sob.


Baiklah sekian dulu latihan kita hari ini sob semoga bermanfaat. Nantikan program pembelajaran Elektronika selanjutnya hanya di Jufrika Blog.