TIPS Menghemat Umur Baterai Laptop - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS Menghemat Umur Baterai Laptop


Bagaimana cara menghemat baterai laptop Bagaimana agar dapat bertahan lama? Itulah masalahnya dan itulah yang akan saya bahas kali ini. Berikut berbagai cara PALING AMPUH, agar batai laptop kita tetap awet sob..


  • Atur waktu pengecasan

    Untuk pertama kali membeli laptop maka charge +_ 8-10 jam tanpa dipakai.Setelah waktu pemakaian berikutnya maka charge laptop ketika baterai benar Benar kosong total dan charge total kembali.

  • Matikan Wireless Networking(Wifi) dan Bluetooth
    Masalah lain yang sering mengkonsumsi listrik di laptop sobat dan tidak sobat sadari adalah koneksi WiFi. Cobalah untuk mematikan ini jika sobat tidak menggunakan koneksi nirkabel , karena ini adalah salah satu cara terbaik menghemat untuk laptop. Mengapa? Ketika menjalankan wifi maka akan selalu terjadi komunikasi antara laptop sobat dengan wifi dan itu sangat memakan sumber daya laptop. Itulah juga sebabnya maka sangat dianjurkan untuk mematikan HP di lokasi dimana tidak ada signal karena akan membuat HP jadi panas dan bisa merusak HP.
  • Atur power option
    jika sobat menggunakan komputer berbasis windows, sobat bisa gunakan opsi power saving. caranya klik  Start -> Control Panel -> Power Option -> Power Scheme. sobat akan melihat tiga opsi disini, pada Bagian Turn Off Monitor pilih 10 Minutes, dan 15 Minutes pada Turn Off Harddisk serta 25 Minutes pada System Standby. inti dari setting ini adalah, jika sudah mencapai 10 menit, maka layar akan dimatikan, setelah 15 menit harddisk akan dimatikan dan jika idle sampai 25 ment maka akan masuk ke system stand by. Untuk pengguna Windows XP, cukup klik pada Start dan pilih Control Panel. Klik Performance and Maintenance kemudian Power Options. Sobat akan menemukan banyak skema manajemen daya disini, silakan memilih salah satu yang paling sesuai kebutuhan.

  •  Pilih Hibernate Atau Standby Mode
    Bila memungkinkan, cobalah untuk mengatur laptop sobat ke posisi Hibernation bukan Standby Mode. Hibernation adalah sebuah fasilitas dimana ketika sobat menunda pekerjaan dan mengistirahatkan komputer maka ketika sobat menggunakan kembali komputer fasilitas ini akan mengembalikan sobat keposisi semula.Caranya Start -> Control Panel -> Power Option kemudian pilih Enable Hibernate Modus Standby Mode memang restart lebih cepat tetapi mengkonsumsi lebih banyak daya. Namun jangan pernah melakukan hibernate dalam waktu terlalu lama bahkan berhari hari.

  • Matikan Startup yang tidak Perlu
     terlalu banyak sekali aplikasi yang muncul saat start up yang membuat waktu booting jadi lebih lama dan menghabiskan banyak resource serta daya. pada bagian run, ketikan msconfig. setelah jendela terbuka pilih tab startup dan uncheck pada aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan, seperti yahoo messengger, Daemon, skype dll.

  • Lakukan satu saja pekerjaan pada waktu yang sama
    Walau VGA sobat memiliki memory yang besar Percaya atau tidak, jika  membuka beberapa program pada saat bersamaan akan membuat CPU & RAM lebih sibuk dan akan memakan lebih banyak sumber daya baterai. Tutup salah satu program sebelum pindah ke program berikutnya.
  • mematikan sound dan screensaver
    juga dapat menhemat battery, karena screensaver terus-menerus mencatat delay waktu dari idle sampai waktu yang ditentukan.

  • Kurangi Visual Effect
    visual effek seperti wondows aero membutuhkan cache di RAM, dalam hal ini RAM menjadi sering aktif dan membutuhkan daya yang lebih. untuk itu kurangilah effect visual dari laptop sobat. Caranya Start->Control Panel->System->Advance System Setting. pada tabAdvance klik setting, pilih opsi Adjust Best Peformance dan klik apply.

  • Non Aktifkan Fitur Windows
    khusus yang pakai windows, terkadang banyak sekali fitur-fitur dalam windows yang tidak dipakai, biasanya fitur-fitur ini ada dalam bentuk service pada windows. Jika sobat yakin tidak memakainya ada baiknya sobat mematikan fitur-fitur tersebut. buka Control Panel -> Administrative Tools->Services. dari sini sobat bisa melihat service-service yang tidak perlu, salah satu contohnya adalah Indexing. klik dua kali pada bagian Windows Search, pada bagian start up type ganti jadi disabled.Namun jika sobat ragu ragu untuk melakukan ini ya jangan lakukan.
  • Turunkan Display Brightness(pencahayaan).

    Memang jika layar sangat terang mungkin dari satu sisi adalah baik karena gambar sangat jelas, tetapi ingat bahwa semakin terang layar laptop akan semakin menghabiskan sumber daya baterai. Jadi sebagiknya turunkan display brightness laptop sobat, hal tersebut mampu memberikan penurunan pemakaian resource energi baterai.

  • Gunakan laptop dengan cara yang baik
    Seperti di tempat yang sirkulasi udara baik dan juga meletakkan laptop di tempat yang tepat. Coba hindari dari Air laptop yang sedang menyala/digunakan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jangan letakan Laptop atau notebook dibawah sinar matahari langsung, atau diatas kasur, karena dapat overheat. lebih baik langsung di lantai.

  • Nonaktifkan Perangkat Tambahan
    peripheral Laptop seperti USB ekstension, mouse, webcame dan perangkat tambahan lain yang bisa menguras energi laptop bila tidak digunakan.Karena pada dasarnya untuk mengaktifkan perangkat tambahan daya listrik diambil melalui port sobat memaskan peralatan tambahan laptop.
Sekian dulu sob, artikel ini saya buat sudah lama sekali dan saya update hari ini, dan semoga bermanfaat ;)

close